Bermacam Ekstensi Plugin Untuk Inkscape

inkscape logoInkscape sebagai aplikasi open source juga mempunyai puluhan ekstensi atau plugin guna menyokong kinerja dan fitur. Anda bisa membayangkan jika browser semacam Google Chrome dan Firefox memiliki repository plugin / add-on, maka Inkscape pun demikian.

Untuk memasang ekstensi pada Inkscape caranya cukup mudah,

  • Anda tinggal masuk ke http://wiki.inkscape.org/wiki/index.php/Extension_repository
  • Kemudian cari ekstensi / plugin / add-on yang ingin Anda pasang di Inkscape.
  • Masing-masing ekstensi mempunyai cara instalasi yang berbeda, namun dokumentasi dari ekstensi tersebut akan membantu kita dalam pemasangan.

Saya hitung ada kira-kira 40 lebih ekstensi yang dapat dipasang melalui Inkscape, tentu saja kesemuanya mempunyai fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa ekstensi Inkscape yang mungkin berguna bagi pembaca.

SWF Output

SWF Output Inkscape

SWF Output Inkscape

Ekstensi SWF Output memungkinkan kita menyimpan hasil desain kedalam bentuk animasi .swf yang memanfaatkan flash. Kita tahu untuk membuat animasi biasanya kita memanfaatkan Adobe Flash, tapi dengan plugin / ekstensi SWF Output ini maka Inkscape kita akan berfungsi layaknya flash producer. Meski dengan beberapa keterbatasan.

InkBar

InkBar Inkscape

InkBar Inkscape

Jika ingin membuat Barcode secara mudah, pembaca dapat memanfaatkan ekstensi di Inkscape yang bernama InkBar. InkBar merupakan sebuah ekstensi yang dapat digunakan untuk membuat dan mengambar barcode berjenis EAN13 dan Code128. Kita tahu barcode berjenis EAN13 maupun Code128 sangat banyak digunakan untuk identifikasi produk-produk di seluruh dunia.

Puff

Puff Inkscape

Puff Inkscape

Namanya cukup aneh. Tapi Puff ini merupakan ekstensi di Inkscape yang berguna untuk membuat efek-efek seperti cahaya maupun bayangan secara mudah.

JessyInk

JessyInk Inkscape

JessyInk Inkscape

Ingin membuat gambar .SVG kita layaknya slideshow? Coba manfaatkan ekstensi dari JessyInk ini. JessyInk merupakan plugin untuk mengolah Javascript agar dapat dimasukkan ke dalam gambar .SVG sehingga gambar tersebut dapat berfungsi layaknya slideshow. Fitur-fitur pada JessyInk dapat digunakan untuk membuat transisi slide gambar dengan efek-efek tertentu, membuat halaman index, membuat auto teks dan lain sebagainya.

Calligraphed Outline Fill

Bagi pengguna tablet yang memasang Inkscape perangkatnya atau mungkin pengguna drawing pad, Ekstensi bernama CalligraphedOutlineFill ini akan sangat berguna untuk menggambar sketsa dengan variabel garis luar / lebar. Kita dapat melukis seperti kaligrafi dengan pengaturan stroke tertentu. Ekstensi ini masih dalam tahap pengembangan.

Dan masih banyak lagi ekstensi-ekstensi lain untuk Inkscape. Seperti BoardGame untuk mendesain lembar dan rancangan game board. Bahkan ada Sozi, ekstensi untuk membuat slide presentasi dengan Inkscape.

2 thoughts on “Bermacam Ekstensi Plugin Untuk Inkscape

  1. Pengguna Android sekaligus pengguna Inkscape. Saya baru tahu kalau Inkscape punya plugin seperti Firefox. Terima kasih, Kang.

    Bagaimana akang bisa menemukan blog saya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


3 + = 10

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code class="" title="" data-url=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre class="" title="" data-url=""> <span class="" title="" data-url="">