Seleksi Dan Cropping Gambar Menggunakan Inkscape

Inkscape kita tahu merupakan aplikasi grafis berbasis vektor. Inkscape berbeda dengan Gimp maupun Photoshop. Jika Gimp dan Photoshop lebih ke editing, seleksi maupun cropping gambar atau foto, maka inkscape lebih ke detail pembuatan vektor-vektor gambar. Akan tetapi Inkscape juga mempunyai banyak sekali fitur yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan editing suatu gambar atau foto. Salah satu kemampuan Inkscape adalah trik seleksi dan cropping ala Inkscape.

Selain itu, segudang menu Filters di Inkscape memungkinkan kita untuk menambah efek pada gambar. Dalam kasus kali ini, kita mempunyai sebuah gambar dimana kita akan melakukan seleksi dan cropping pada bagian tertentu. Dengan Inkscape, kita akan melihat begitu mudah untuk melakukan.

Import Gambar

Untuk memasukkan gambar ke dalam area kerja Inkscape, kita bisa melakukannya dengan menggunakan menu Import, atau melalui drag langsung gambar tersebut dari Explorer.

Gambar di Area Kerja

Pada gambar di atas, kita akan melakukan cropping dan mengambil logo yang ada di samping tulisan “Debian”. Disini kita memanfaatkan tool Inkscape bernama Bezier Curves (Shift+F6) Bezier Curve Inkscape  yang terletak di bagian pallet kiri area kerja Inkscape.

Let’s cropping !

Mari kita mulai seleksi dengan tool Bezier Curves ! Ambil titik awal di bagian manapun logo untuk menyeleksi.

Titik awal seleksi cropping

Titik awal seleksi cropping

Disini kita mengambil titik-titik utama di gambar logo, dan hasil seleksi adalah seperti di bawah ini.

Hasil seleksi inkscape belum curve

Hasil Seleksi Inkscape

Dari seleksi di atas, kemudian kita akan melengkungkan garis-garis dengan memanfaatkan tool bernama Edit Path (F2) Tool Edit Path Inkscape

Untuk memulai lengkungan pertama, klik di salah satu garis, lalu tarik ke posisi tertentu sesuai objek gambar yang akan kita crop. Lengkungkan satu persatu garis, apabila terdapat lengkungan yang kurang pas, Anda bisa memilih node-node untuk mendapatkan garis tarik lengkungan. Sesuaikanlah lengkungan sesuai objek ! hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Hasil Curve Inkscape

Hasil Curve Inkscape

Setelah proses seleksi Anda lakukan dan telah mendapatkan bentuk objek gambar. Langkah berikutnya adalah kembali ke mode Select (F1). Kemudian pilih dua objek, yaitu seleksi dan objek gambar dengan cara klik garis seleksi objek, lalu tahan tombol Shift sembari mengklik gambar utama objek.

Dua objek telah terseleksi, selanjutnya dalam menu “Object“, sorot Clip dan pilih Set. Wow, objek gambar telah tercrop kan ? :D

clip set inkscape cropping

Clip Set Inkscape

Selanjutnya klik kanan pada objek tersebut dan pilih Create Link untuk menghilangkan efek properti tinggi dan lebar gambar yang sebelumnya kita seleksi.

Dan akhirnya Anda mendapatkan sebuah objek logo dari gambar utuh dengan memanfaatkan tools-tools di Inkscape. Mudah bukan? :)

One thought on “Seleksi Dan Cropping Gambar Menggunakan Inkscape

  1. makasih ya kak atas infonya, tdi nya aq bingung g5na cra crop gmbr di inkscap tpi stlh bca artikelnya kakak skrg aq jdi thu. makasih y

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 3 = 9

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code class="" title="" data-url=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre class="" title="" data-url=""> <span class="" title="" data-url="">