Novel Sunan Giri

Kira-kira 2 Minggu yang lalu, bersama tetangga dan teman lain kami menyempatkan untuk berziarah ke makam Sunan Giri yang berlokasi di Kota Gresik Jawa Timur. Pukul 4 pagi kami memasuki kota Gresik, dan saya menyadari bahwa kota ini memang benar-benar kota dengan aroma industri. Karna pabrik Semen Gresik dan pabrik-pabrik besar berada di kota ini.

Sebelum ke makam Sunan Giri, kami juga menyempatkan untuk berziarah ke makam Sunan Gresik. Baru kali pertama saya menyambangi Kota Gresik, ternyata kota ini juga mempunyai dataran tinggi yang lumayan indah. Berhubung makam Sunan Giri juga terletak di dataran tinggi kota Gresik, kami pun dapat melihat dengan mudah pemandangan Kota Gresik melalui Masjid Sunan Giri yang letaknya di atas bukit. Indah sekali pemandangannya saat di pagi hari.

Pemandangan Kota Gresik

Pemandangan Kota Gresik

Sepulang dari Ziarah, hati saya jadi terketuk untuk mencari buku dan cerita yang berkaitan dengan Sunan Giri. Tujuan pertama untuk mendapat buku adalah mencari ke toko buku Gramedia, dan Wow… kebetulan sekali ada bazaar buku di Gramedia hari ini. Seusai membeli beberapa buku dan majalah lain, saya pun mengubek-ubek bazar buku untuk mendapatkan buku murah tapi bagus. Alhamdulillah, saya menemukan buku ini:

Novel Sunan Giri

Novel Sunan Giri

Novel berjudul “Giri” karangan seorang Yudhi AW. buku ini merupakan novel semibiografis sang wali agung Sunan Giri yang dikupas secara jernih dan alur yang memikat.  Sebuah novel yang kaya akan nilai-nilai spiritual dan petuah-petuah kebajikan.

Dalam sinopsis buku novel tersebut, disebutkan bahwa Sunan Giri merupakan sosok yang masih memiliki garis keturunan raja besar Kerajaan Majapahit, yakni Hayam Wuruk, dan memiliki hubungan darah dengan ulama-ulama hebat sekelas Syekh Maulana Ishaq dan Sunan Ampel. Sang Penguasa Giri Kedaton ini juga pernah diamanahi Pangeran Kerthabumi atau Brawijaya V menggantikan sementara kedudukannya saat Majapahit jatuh dari Demak.

Buku ini mengisahkan cerita perjalanan hidup Sunan Giri yang penuh warna. Bagaimana cara beliau berdakwah menyebarkan agama Islam pada masyarakat Jawa, semuanya ditulis dalam buku novel setebal 356 Halaman ini. Selamat membaca ! 🙂

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.