Game Engine Untuk Platform iOS dan Android

game engine for mobileGame bergenre mobile baik untuk platform Android, iOS maupun Windows Phone yang dapat dijalankan pada perangkat Smartphone saat ini sudah merajalela. Berbagai macam role game-nya membuat pemakai gadget menjadi semakin betah berlama-lama memegang smartphone-nya. Lantas yang menjadi pertanyaan adalah apa sebenarnya yang dipakai oleh para developer untuk membuat game-game seperti itu?

Sekarang sudah banyak sekali pilihan game engine yang dapat kita pakai untuk membangun permainan berbasis iOS maupun Android. Mulai dari yang gratis hingga berbayar, mulai dari level beginner hingga expert, bahkan saat ini sudah muncul game engine berbasis drag and drop yang sangat memudahkan.

Oleh karena itu, saya akan coba menuliskan beberapa daftar game engine untuk development Android dan iOS yang mungkin bisa menjadi alternatif pembaca sekalian. Berikut adalah game engine terutama yang berbasis 2D, 3D maupun Cross Platform :

Dari semua game engine yang saya tulis di atas, terbukti memang sudah mendukung untuk development mobile game Android maupun iOS. Tentunya ada kelebihan dan kekurangan untuk game engine tersebut. Sebagai contoh, saya baru tahu ternyata Cut The Rope dibuat menggunakan Engine Marmalade.

Rekomendasi pilihan untuk para developer awam yang ingin menjajal arena pembuatan game mobile. Saya menyarankan untuk menggunakan engine Drag and Drop seperti Game Maker Studio, Scirra Construct2 atau bahkan Cocos2d-x.

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

7 thoughts on “Game Engine Untuk Platform iOS dan Android

  1. Maaf pak mau tanya, kira-kira dimana ya saya ingin kursus salah satu game engine diatas…? Terutama saya tertarik dengan marmalade. Kayanya game engine tersebut banyak digunakan oleh developer2 terkenal, salah satunya EA Sports..

    Mohon informasinya. terimakasih

    1. Saya kira untuk saat ini belum ada kursus lokal yang menyediakan pelatihan Marmalade. Dan untuk kursus internasional bisa dicoba search dengan keyword “Marmalade game course”. Saya rasa juga masih belum menemukan yang pas.
      Tidak dipungkiri karena Marmalade sebenarnya adalah sebuah Game SDK Premium, meskipun mereka menyediakan versi gratis dengan beberapa batasan. Support maupun pelatihan Marmalade mungkin tersedia khusus bagi mereka yang telah memakai atau membeli produk Marmalade.
      Saya sendiri juga belum pernah menggunakan Marmalade karena memang base-nya untuk C++, dan saya tidak begitu mahir C++.
      Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.