Judul Pertama Bersama CakePHP

Menyenangkan sekali rasanya dapat merasakan kembali saat indah bersama ribuan kode PHP. Setelah sekian lama, bahkan hampir 6 bulan pikiran saya yang sebelumnya tertuju ke kegiatan lain (mengurus organisasi) sekarang kembali lagi ke pikiran normal anak informatika.

Kue PHP (cakePHP)

Saat ini saya bersama CakePHP, sebuah framework PHP yang mungkin bisa dibilang cukup rumit dan ribet untuk seorang newbie seperti saya. Sebelumnya apa itu framework PHP? saya beberkan sedikit penjelasan singkat dari saya, framework PHP adalah sebuah area kerja berbahasa PHP yang memudahkan seorang programer untuk membuat aplikasi web, di dalam framework PHP tersebut terdapat banyak sekali fungsi-fungsi OOP yang siap dipakai oleh programer web itu sendiri.

Bagi saya yang belum terbiasa menggunakan bahasa OOP (Object Oriented Programming) memang merupakan tantangan. Tapi tantangan ini harus dilakukan karena perkembangan web yang kian lama kian mengerikan (baca:menantang). Dan pertama kali yang saya pelajari dari kue PHP (CakePHP) ini adalah instalasi di sistem operasi Ubuntu 10.04, karena sebelumnya saya sudah menginstall LAMPP (Php MySQL Phpmyadmin dkk), maka tinggallah saya download file paket CakePHP di situs resmi CakePHP. Sesudah itu saya ekstrak ke dalam folder /var/www dan tidak lupa mengubah mod_rewrite (entah untuk apa).

Kemudian langsung saya akses http://localhost/cakephp melalui browser chromium. Taraa.. ! muncullah beranda awal CakePHP yang warnanya ala-ala biru tua dengan notifikasi merah, hijau, kuningnya yang harus segera dipahami. Langkah selanjutnya tidak lain adalah belajar sebanyak-banyaknya dari Mbah Google tentang apa-apa yang harus saya pelajari di CakePHP sebagai seorang newbie. Hehee

Saya download cakePHPcookBook di situs resmi CakePHP, ini semacam pengenalan awal cakePHP yang akan membimbing kita membuat blog sederhana menggunakan kue PHP ini. Namun setelah lama saya panteng bahasa inggris di ebook tersebut, nampaknya otak saya malah semakin absurd. Dengan ini, saya pun berpindah ke tutorial lain di internet yang lebih mudah dan dengan bahasa yang tentunya familiar (indonesia). Saya menemukan tutorial sederhana ini (http://­anonymousyoung.wordpr­ess.com/2012/04/11/­belajar-framework-mem­ulai-cakephp/).

Alhamdulillah kue telah kering, Mumpung hampir lebaran, tak ada salahnya belajar buat Kue pake PHP ! Selamat makan ! 😀

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

2 thoughts on “Judul Pertama Bersama CakePHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.