Kehebatan Youtube Memuliakan Para Penggunanya

Tidak dipungkiri lagi, banyaknya jumlah video di platform Youtube yang semakin bertambah menjadikan Youtube sekarang menjadi rujukan bagi banyak orang. Entah itu sebagai media edukasi, informasi berita, atau hiburan.

Berikut adalah dua poin singkat mengenai keunggulan Youtube, dilihat dari sisi konten kreator dan pengguna.

Rumah Bisnis Iklan Bagi Vlogger

Konten yang semakin beragam dan berwarna, menjadikan Youtube adalah situs paling populer diseluruh dunia. Dan menjadikan Youtube sebagai rumah bisnis paling subur untuk para Youtuber (Vlogger). Setidaknya hingga tulisan ini ditulis (2021).

Karena kepopuleran dan jumlah trafik yang selalu tinggi, tentu saja Youtube memiliki nilai tambah sebagai media iklan yang cukup efektif bagi para pengiklan. Bayangkan saja, terdapat setidaknya 2 miliar lebih pengguna internet yang menyambangi youtube setiap bulannya.

Youtube 2 Miliar Pengguna

Ibarat sebuah super market atau swalayan yang didatangi oleh orang sebanyak itu setiap bulannya, tentu bisa disimpulkan bahwa swalayan tersebut memiliki value yang menarik untuk didatangi, entah itu harga produknya yang lebih murah dari kompetitor atau kelebihan-kelebihan yang lainnya.

Youtube pada dasarnya adalah sebuah layanan hosting (penyimpan) video yang memudahkan para produser konten baik pribadi maupun resmi dalam mempublikasikan hasil karya mereka. Kemudian agar lebih impas dan menjanjikan, Youtube menawarkan opsi iklan di video pada konten kreator yang memiliki minimal viewer dengan jumlah tertentu.

Semakin banyak traction viewer dari sebuah video, tentunya menjadikan iklan pada video tersebut (cost per view) semakin mahal.

Metode iklan lain yang mungkin sering kita jumpai dari video di Youtube adalah sistem afiliasi. Dimana para pemberi iklan pihak ketiga (diluar Youtube), membayar langsung ke si pembuat konten atau vlogger. Secara mekanisme, model afiliasi ini sebenarnya hampir mirip dengan afiliasi pada tulisan blog atau konten tekstual, namun dirangkum dalam bentuk Video.

Kedua model iklan tersebut, sama-sama memberikan imbal hasil yang menjanjikan. Tidak sedikit kisah sukses para Youtuber dari pemasukan iklan yang mereka dapatkan.

Perspektif Penonton

Sadar ataupun tidak sadar, dari tahun ke tahun Youtube terus mengalami perbaikan dan peningkatan fitur dari berbagai sisi.

Youtube Tahun 2011
Tampilan Youtube di Tahun 2011. (Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=5pjWG7MMzls)

Mirip Namun Tidak Mirip

Maksudnya adalah dari tahun ke tahun, sebenarnya secara User Interface, Youtube tidak merubah secara besar-besaran tampilan antarmuka langsung ke pengguna. Anda bisa melihat screenshot yang saya ambil dari tampilan Youtube di sekitaran tahun 2011. Kemudian bandingkan dengan ini, tampilan di tahun 2021 sekarang:

Tampilan Youtube di Tahun 2021

Bagian yang paling kentara perbedaan antara tahun 2011 dan 2021 adalah penempatan kategori dan sidebar. Terlihat cukup homogen.

Dapat sedikit kita simpulkan, Youtube sepertinya lebih berfokus ke kemudahan akses dan peningkatan kualitas penayangan konten, baik dari sisi player video hingga fitur Livestream terbaru dari Youtube. Kualitas rendering dan banyaknya penempatan CDN (Content Delivery Network) untuk Video di banyak negara menjadikan Youtube saat ini memiliki kecepatan akses yang tidak bisa diragukan lagi.

Youtube Premium Subscription

Sebenarnya layanan Premium dari Youtube pertama kali dirilis semenjak tahun 2018, hasil dari konversi dan kolaborasi antara Youtube dan Google Play Music (Youtube Red pada saat itu). Kemudian pada pertengahan tahun 2019, fitur langganan Youtube Premium resmi dibuka untuk pengguna di 60+ negara di dunia, termasuk Indonesia.

Hingga tulisan ini ditulis, di Indonesia layanan ini dipatok dengan harga Rp. 59.000.

Beberapa bulan mencoba Youtube Premium, kesan pertama dari layanan ini adalah kita tidak akan menemukan video dengan iklan, yang umumnya muncul pada menit tertentu atau floating dalam video. Kecuali iklan afiliasi yang dimasukan secara manual oleh konten kreator.

Selain itu, berlangganan Youtube Premium, maka kita otomatis juga akan mendapatkan fitur Youtube Music Premium. Jika kita sedikit menelisik, Youtube Music adalah layanan music on demand dari Youtube yang dapat kita putar dari aplikasi mobile atau desktop. Kelebihannya tentu saja adalah tanpa iklan, dan dapat diputar secara offline, seperti kompetitornya.

 

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.