Memberi Background Audio Pada Aplikasi / Game Android

Android Audio

Audio, musik dan touch sound merupakan salah satu faktor suksesnya sebuah aplikasi mobile terutama games untuk menarik simpati para pengguna. Tanpa audio, games menjadi sunyi dan tidak akan banyak meyakinkan para pengguna untuk menjajal aplikasi kita nanti.

Android API menyajikan beberapa contoh agar game yang kita develop mempunyai latar background suara. Audio dapat kita buat sendiri, namun jika masih malas teman-teman bisa mencarinya dan mengcapture audio di sumber-sumber lain yang tentunya diperbolehkan untuk dipakai secara massal.

Artikel kali ini merupakan tutorial berbasis Java pertama saya, yang akan menyajikan langkah-langkah bagaimana membuat background audio pada games maupun aplikasi Android.

1. Persiapan

Buatlah sebuah project sederhana dengan konfigurasi sebagai berikut :

Konfigurasi Aplikasi

Download Sources + Audio

Lanjut ke Step 2 (Menambah tombol on/off)

Konfigurasi nama aplikasi, maupun package bisa anda ubah sesuai keinginan. Sebagai informasi, project kali ini hanya berupa satu blank activity.

2. Persiapan Audio

Android mendukung beberapa format audio yang dapat digunakan oleh developer untuk mengisi background musik aplikasi. Beberapa tipe format yang didukung adalah :

– .mp3
– .mid (midi)
– .wav (wave)
– .ogg (open source format) – rekomendasi penulis

Penulis merekomendasikan penggunaan format .ogg karena selain tipe format tersebut yang bersifat open source, ogg yang merupakan format dibawah naungan Xiph.org Foundation ini juga memiliki kualitas yang sama bagus dengan format mp3. Ditambah dengan ukuran file yang relatif sangat kecil.

Jika pembaca memiliki file berformat .mp3, silahkan gunakan aplikasi Audacity untuk mengconvert menjadi file berformat .ogg vorbis yang nantinya dapat kita gunakan untuk background audio aplikasi / game kita.

3. Import Audio ke Project

Jika file audio berformat .ogg Anda sudah siap. Selanjutnya kita akan mengimportnya ke dalam Android Project pada Eclipse. Caranya:

– Buat sebuah folder baru bernama ‘raw’, di dalam folder /res. Lihat gambar berikut :

Buat Folder Raw

– Siapkan file audio lalu drag ke dalam folder ‘raw’ di Eclipse,

Drag File Audio

– Cek file audio yang telah Anda import,

Cek File Audio

4. MainActivity

Audio sudah kita import ke dalam project. Langkah selanjutnya adalah menambahkan sedikit kode ke dalam MainActivity.java di dalam folder /res. Fungsi yang kita pakai sekarang adalah MediaPlayer. Berikut adalah full code yang bisa Anda copy paste ke MainActivity anda :

package com.mkhuda.audiobackground;

import android.media.MediaPlayer;
import android.os.Bundle;
import android.app.Activity;
import android.view.Menu;

public class MainActivity extends Activity {

	//Mendefinisikan MediaPlayer sebagai audioBackground
	MediaPlayer audioBackground;

	@Override
	protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
		super.onCreate(savedInstanceState);
		setContentView(R.layout.activity_main);

		//Memanggil file my_sound pada folder raw
		audioBackground = MediaPlayer.create(this, R.raw.my_sound);
        //Set looping ke true untuk mengulang audio jika telah selesai
		audioBackground.setLooping(true);
		//Set volume audio agar berbunyi
        audioBackground.setVolume(1,1);
        //Memulai audio
        audioBackground.start();
	}

}

 

Untuk memfungsikan MediaPlayer, kita perlu mengimport android.media.MediaPlayer;

5. Testing

Jika kode diatas tidak tampil notifikasi error pada Eclipse, silahkan jalankan aplikasi pada emulator atau device Anda. Jangan lupa bunyikan suara plus volume pada Android. Tadaa.. aplikasi atau game Anda sudah bisa bernyanyi !

Lanjut ke Step 2 (Menambah tombol on/off)

Muhammad K Huda: A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!
Related Post