Menampilkan Native Splash Screen Aplikasi Android Pada Phonegap

Android Splash Screen

Android Splash Screen

Splash screen sebagai intro dari sebuah aplikasi berperan penting untuk menambah kredibilitas aplikasi. Dengan memasang splash screen yang berisi informasi singkat pada aplikasi Android, kita akan memaparkan sebuah informasi secara cepat dan tepat tentang gambaran aplikasi. Gambar splash screen sebisa mungkin disajikan secara menarik dan ringan agar pengguna tertarik kepada aplikasi.

Dalam artikel tutorial ini, penulis akan memaparkan praktik secara native membuat splash screen pada aplikasi Android yang kita buat menggunakan Phonegap. Pembuatan splash screen secara native adalah kombinasi antara penggunaan native Android programming (Java) dengan Phonegap.

Sebelum beranjak ke tutorial, disini kita diharapkan mengetahui pedoman standar pembuatan splash screen yang baik dan tepat untuk berbagai resolusi smartphone Android. Berikut adalah daftar screen resolution untuk semua device yang mendukung:

  • Ukuran untuk ldpi (low dots per inch) = 240 x 320 pixel
  • Ukuran untuk mdpi (medium dots per inch) = 320 x 480 pixel
  • Ukuran untuk hdpi (high dots per inch) = 480 x 800 pixel
  • Ukuran untuk xhdpi (extra high dots per inch) = 720 x 960 pixel

Beberapa device Android misalnya Samsung Galaxy Young atau Galaxy Chat mendukung ukuran ldpi. Dan untuk ukuran screen semisal Sony Xperia Miro adalah hdpi. Berikut adalah tutorial pembuatan splash screen :

Tutorial

Buat gambar splash screen dengan berbagai ukuran di atas dan buat folder untuk masing-masing ukuran, rename gambar dengan nama “splash”, pastikan file berformat .png. Untuk mempersingkat tutorial penulis sudah menyertakan source gambar semua resolusi.

Download Gambar

Masuk ke project Phonegap di Eclipse. Copy satu persatu file splash.png ldpi, mdpi, hdpi dan xhdpi ke masing folder di dalam /res/drawable-[jenis resolusi]. Lihat gambar di bawah ini :

Folder res eclipse

Lokasi Folder res eclipse

Masuk ke folder src dan buka file MyPhoneGapActivity.java Anda, lalu pada public void OnCreate() tambahkan kode super.setIntegerProperty() yang bertugas untuk mengeset value name splash screen dan menambahkan string value sebesar 3000 (3 seconds) pada fungsi super.loadurl() :

Simpan, dan run pada emulator atau device. Anda akan mendapatkan splash screen tampil di aplikasi Android Anda. Selamat berkreasi ! 🙂

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

13 thoughts on “Menampilkan Native Splash Screen Aplikasi Android Pada Phonegap

  1. makasih banget tutorial’nya mas, ijin bookmark blog’nya. jarang sekali saya menemukan blog indonesia menjelaskan tentang phonegap dengan penjelasan singkat jelas dan mudah dimengerti bagi pemula seperti saya :D.

    ditunggu postingan selanjutnya mas 😀

  2. mas kalo aplikasi ini bisa diimport jadi apps buat blackberry ga?
    soalnya ane punya eclipse di dalamnya ada JDK Blackberry sama SDK Android, kira2 bisa ga yah mas??
    saya mau nyoba sendiri takutnya project nanti malah jadi amburadul, thanks ya sebelumnya mas
    ditunggu balesannya

  3. mass, ini blognya bermanfaat sekali. kebetulan saya lagi banyak nyari refrensi untuk membuat apk buat skripsi saya mas. dan baru pertama kali ini saya membuat aplikasi mobile, biasanya saya bermain di web develop. Saya ada pertanya mas, mungkin agak melebar sedikit dari pembahasan ini. file html yang kita taro di folder www hanya boleh satu ya mas ? maksd saya begini, apakah index.html itu basenya untuk keseluruhan program apk ? soalnya saya pengen ngelink ke html lain, kyk di websitekan kita tinggal buat 2 html yang berbeda dan kita tinggal link, nah kalo index.html adalah base program yang tunggal ? bagaimana caranya saya bisa masuk ke sheet/html lain ? maklum mas, cuman belajar java 1 semester doang, phonegap adalah pelarian saya. hahaha tx

  4. makasih banyak gan, berhasil. oh ya kalo cara biar splashscreen muncul 2 kali dgn gambar yg berbeda gmana ya gan?

  5. cara mengatasi aplikasi kamus di android ketika data di sqlite terdapat 1000 kata. ketika mengalami pencarian, masuknya lama ke halaman terjemahan. cara mengatasinya gmn gun ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.