Konfigurasi APK Android Pada GMS

Game Maker! Studio sekarang ini menjadi salah satu engine populer bagi para developer game mobile. Disamping kemudahan pada sisi pembuatan project, GMS (Game Maker Studio) juga mendukung beberapa platform seperti Android, iOS, Windows Phone, Linux OS, Tizen bahkan Windows 8.

Pada pembuatan project berbasis Android, GMS membutuhkan beberapa konfigurasi untuk mendapatkan hasil file .APK yang dapat diinstall untuk berbagai device Android. Konfigurasi awal yang perlu dilakukan adalah menyelaraskan Android SDK pada tab Android di Preference Game Maker Studio (Lihat Gambar).

Android SDK Preference

Android SDK Preference

Setelah Android SDK selesai kita configure di GMS. Langkah selanjutnya adalah mengatur Global Game Setting untuk Project Android. Pengaturan Global Game Setting yang sesuai akan menghindarkan kita pada beberapa masalah pada file .APK Android, diantara masalah tersebut adalah :

  • Ukuran File .APK terlalu besar, padahal ukuran project kecil
  • Tidak bisa terinstall pada device, bahkan semua device Android
  • Gagal booting aplikasi
  • Game error, dan lain sebagainya.

Menurut beberapa sumber, untuk mendapatkan konfigurasi yang pas kita bisa mengikuti beberapa step pengaturan Global Game Setting seperti di bawah ini :

plusSorot menu Resources pada menu utama GMS, dan pilih Change Global Game Setting. Alternatif bisa langsung menggunakan kombinasi keyboard (Shift + CTRL + G)

01 Change Global Configuration

01 Change Global Configuration

plusKemudian pada jendela Change Global Game Setting, bukalah tab Android dan centang bagian Architectures seperti pada gambar di bawah ini :

02 Set Architectures

02 Set Architectures

plusPada gambar di atas terlihat bahwa Arsitektur yang kita butuhkan untuk membuild APK adalah ARMv5 dan ARMv7, karena kedua jenis tersebut telah mencakup hampir semua device Android yang ada di pasaran saat ini. Sedangkan arsitektur x86 dan juga MiPS tidak begitu kita butuhkan.

Jika suatu saat kita mendapati file .APK hasil build GMS kita terlalu besar, kemungkinan yang terjadi adalah kita lupa melakukan penghapusan centang pada arsitektur x86 dan MiPS. Pada dasarnya, GMS akan memasukkan bundle konfigurasi semua arsitektur ke dalam file .APK, sehingga file .APK kita terlalu besar.

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.