Sukses Itu Susah Atau Mudah?

Opsional dari judul tulisan saya di atas itu bergantung pada diri kita. Pertama, kesuksesan tidak bisa kita raih dengan mengepakkan tangan seperti sayap lalu jadilah sukses. Maksud dari sukses yang pertama ini, Sukses itu Susah. Kedua, kesuksesan bisa kita raih dengan konsistensi, kegigihan, dukungan, doa dan lain sebagainya. Maksud dari sukses yang kedua ini, Sukses itu tetap saja Susah.

Sukses

And then, harus kemana kita akan menemukan kata Sukses yang Mudah? Pertanyaan ini akan kita jawab dengan mudah. Pertama, kita harus mengetahui definisi (bahasa gaul) dari kata sukses itu sendiri. Sukses adalah puncak dari sebuah proses yang menghasilkan sebuah kepuasan pribadi. Definisi ini saya ambil dari pemikiran saya sendiri, bukan dari kamus KBBI atau Google Search Engine.

Lanjut, Sukses adalah lawan kata dari Gagal. Jika tujuan Sukses adalah untuk kepuasan individu atau bahkan bisa menyangkut banyak individu, maka Gagal adalah tujuan Sukses yang tidak bisa kita gapai. Dan, kenapa kita cenderung memposisikan kata Sukses dengan susah-susah dahulu sukses kemudian? Ya, karena sukses itu memang susah. Ah, ngelantur cuy !

Mari kita lihat, apakah sukses berasal dari hal-hal yang besar? Tidak. Sukses bangun tidur, itu juga sukses. Sukses memperbaiki modem, sukses. Sukses login Facebook, nah ini juga sukses kok ! dan Sukses-sukses yang lain. Intinya, sukses itu bukanlah tentang hal-hal yang besar. Dari sini kita bisa menganalogikan (bahasa gaul) kesuksesan besar bergantung pada kesuksesan-kesuksesan kecil kita setiap hari.

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.