Internet dan Uang Elektronik

Teknologi semakin berkembang, inovasi semakin bervariasi dan banyak pilihan, menjadikan kehidupan manusia semakin dimudahkan dengan kehadiran teknologi. Banyak sekali prediksi lahirnya teknologi-teknologi terbaru yang suatu ketika dapat mempermudah langkah-langkah kita.

Dalam artikel ini penulis akan membahas sekelumit mengenai dua teknologi yang pada masa ini maupun suatu saat ini akan selalu dipakai oleh masyarakat, dua teknologi tersebut adalah Internet dan Uang Elektronik (e-Money).

Internet Uang Elektronik E-Money

1. Internet

Diera keterbukaan dan kemajuan teknologi informasi, Internet menjadi sebuah kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari aktivitas manusia sehari-hari. Mulai dari bangun tidur hingga akan terlelap tidur, manusia akan selalu berusaha melakukan interaksi dengan sanak atau kolega melalui internet.

Kebutuhan akan internet juga tidak bisa terlepas dari teknologi provider yang setiap tahun mengalami peningkatan baik dari sisi jaringan maupun kualitas performa konektivitas data.

Dahulu, setidaknya 10 tahunan yang lalu Internet adalah barang yang cukup mahal bagi sebagian kalangan masyarakat. Namun saat ini, semua orang dapat menikmati teknologi internet melalui jemari mereka menggunakan ponsel pintar. Semua itu berkat kombinasi antara kecanggihan teknologi dan luasnya jaringan yang telah tersebar dipenjuru nusantara.

Untuk tetap selalu terhubung dengan internet, masyarakat dapat dengan mudah menggunakan internet melalui ponsel pintar menggunakan seluruh penyedia provider yang ada saat ini. Tidak ada yang sulit untuk menikmati internet, salah satu kemudahan yang benar-benar ada disisi kita saat ini adalah pengisian pulsa maupun paket data melalui layanan online.

Salah satunya adalah layanan online dari Traveloka untuk keperluan pengisian pulsa maupun paket internet seluruh operator Indonesia. Kelebihan lainnya adalah memberikan tambahan kemudahan untuk para pelanggan untuk keperluan pengisian pulsa dan paket internet diterima secara instan, cepat dan tentunya lebih murah.

Traveloka juga memastikan transaksi untuk pelanggan aman dan terpercaya sehingga pulsa pasti akan diterima, pembelian paket internet kapan saja dan di mana saja. Menurut hemat penulis, keunggulan lain yang dimiliki dari pengisian melalui Traveloka adalah banyaknya pilihan produk dan kemudahan sistem transaksi pada saat melakukan pembayaran.

2. Uang Elektronik

Tidakkah kita membayangkan bahwa uang yang setiap hari kita pakai, dapat kita simpan ditempat yang lebih aman, lebih praktis dan tidak merepotkan? Kita tidak perlu repot saat melakukan pembayaran ditempat-tempat tertentu dengan mengeluarkan isi dompet.

Teknologi transaksi keuangan dengan memanfaatkan teknologi internet ini dapat kita sebut dengan istilah Uang Elektronik. Semua transaksi tidak membutuhkan uang fisik, namun uang yang telah tersimpan secara aman pada kartu-kartu prepaid dapat kita bawa kemana saja, sangat ringkas.

Kita pasti telah mendengar berita bahwa semua pengguna tol di negara kita diwajibkan memakai uang elektronik atau e-Toll, terhitung sejak 31 Oktober 2017. Tentu saja pihak-pihak perbankan Indonesia berlomba-lomba memberikan kemudahan dalam transisi ini dengan melakukan promosi pada Uang Elektronik.

Seperti yang kita ketahui Bank Mandiri, BCA, BRI, BNI dan lainnya telah memiliki produk uang elektronik masing-masing yang tentunya dapat digunakan pada sistem pembayaran uang tol elektronik.

Secara kasus, uang elektronik memang tidak semuanya berkaitan dengan pembayaran tol, namun banyak sekali manfaat lainnya untuk sistem pembayaran lain seperti pada merchant supermarket atau mall saat berbelanja. Selain itu juga pada tempat-tempat publik seperti wahana wisata untuk pembelian tiket masuk, maupun sebagai alat pembelian tiket moda transportasi Busway atau KRL di Jabodetabek.

Teknologi terbaru uang elektronik yang ada saat ini juga tidak melulu berkaitan dengan kartu fisik, namun provider atau operator di Indonesia telah mewanti-wanti meledaknya penggunaan e-Money dengan produk terkini mereka. Seperti Telkomsel TCASH, dan Indosat dengan PayPro.

Dengan TCASH maupun PayPro, pengguna hanya perlu membawa telepon pintar mereka yang telah didaftarkan untuk penggunaan e-Money pada merchant-merchant yang telah didukung.

Akankah Uang Elektronik ini dapat menjadi sistem pembayaran yang dapat diterima oleh masyarakat kita? Waktu dan kebutuhanlah yang akan menjawabnya.

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.