Pi-Top, Laptop Edukasi Anak Dengan Board Seukuran Kartu Kredit

pi-top, salah satu perusahaan teknologi edukasi berbasis di kota London merilis laptop dengan desain mesin yang tidak seperti biasanya. Laptop ini dirilis secara resmi oleh pi-top dikhususkan untuk menyokong kebutuhan informasi dan edukasi anak.

Tampilan Laptop Pi-Top

Tampilan Laptop Pi-Top (pi-top.com)

Laptop dengan ciri khas warna hijau ini memiliki spesifikasi yang sangat ringkas. Bahkan, laptop yang dirilis pada Jumat (13/10/2017) dan berbasis Raspberry Pi ini menyimpan mesin utama seukuran kurang lebih setara ukuran kartu kredit.

Berikut adalah spesifikasi laptop yang berharga sekitar $319 atau kurang lebih 3,5 juta rupiah:

  • Sistem operasi laptop ini adalah pi-topOS: Polaris, yang merupakan OS buatan pi-top.
  • Layar utama berukuran 14-inch dengan resolusi 1080P Full HD.
  • Chipset utama berbasis Raspberry Pi 3 yang merupakan versi Raspberry terbaru dengan bekal 1.2GHz quad-core arm cortex A53P.
  • Daya baterai antara 6-8 jam pemakaian normal.

Keunikan tersendiri terletak pada papan ketik laptop ini yang dapat digeser kebawah. Setelah digeser kebawah, maka jeroan laptop akan terlihat secara keseluruhan. pi-top mendesain laptop tersebut sedemikian rupa dengan tujuan agar pemakai dapat mempelajari keseluruhan komponen pada laptop tersebut sekaligus memudahkan pengguna melakukan upgrade jika dibutuhkan.

pi-top Slide Keyboard

pi-top Slide Keyboard (pi-top.com)

“Kami menawarkan sebuah sistem pembelajaran melalui layar maupun keyboard, sehingga memungkinkan pengguna dapat mengeksplorasi komputer sains dan elektronika secara lebih luas. Sekaligus memastikan para pelajar muda atau anak-anak memiliki pengalaman pembelajaran berbasis STEAM”, tukas CEO pi-top Jesse Lozano seperti dilansir CNET.

Perlu diketahui bahwa pi-top merupakan perusahaan yang gencar mempopulerkan sistem pembelajaran berbasis STEAM melalui produk-produk mereka. Sistem pembelajaran STEAM sendiri mengkombinasikan pendidikan dengan basis utama ilmu pengetahuan umum, teknologi, seni dan juga matematika.

Saat artikel ini ditulis, laptop racikan pi-top ini telah tersedia secara global melalui pengiriman internasional dan dapat dibeli secara langsung dengan mengunjungi situs resmi pi-top, pi-top.com. (mkhuda)

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.