Mengecek Kecepatan RAM Windows 7 Dengan CMD

windows logoMemory merupakan satu faktor penting yang mempengaruhi kinerja CPU maupun laptop. Komputer dengan spesifikasi pas-pasan dan mempunyai RAM (Random Access Memory) kecil, pastinya akan mengganggu produktivitas kita saat bekerja menggunakan Windows 7. Karena minimal pemakaian RAM untuk Windows 7 adalah berkisar 2 GB lebih (menurut pengalaman).

Jika teman-teman yang hendak melakukan upgrade PC dan merasa komputer Windows yang dipakai tidak sesuai harapan. Jangan men-judge terlebih dahulu karena prosesor mempunyai resource kecil. Karena bisa jadi masalah RAM-lah yang membuat komputer lemot saat dipakai.

nomor 1Sebelumnya, untuk melakukan pengecekan terhadap kecepatan RAM yang berjalan di Windows 7. Pastikan terlebih dahulu fitur User Account Control (UAC) di Control Panel kita matikan. Karena tools yang kita pakai ini memanfaatkan CMD yang mengakses control di dalam sistem operasi Windows.

  • Melalui Control Panel, kita buka saja menu “User Account“.
UAC di Control Panel

UAC di Control Panel

  • Setelah terbuka pilih “Change User Account Settings

Pilih settings UAC

  • Di dalam jendela baru di bawah, scroll hingga kebawah untuk menonaktifkan fitur UAC Windows 7.
matikan user account control 7

scroll ke bawah

  • Klik Ok.

nomor 2Setelah menonaktifkan fitur UAC, kita bisa langsung membuka CMD untuk mengetikkan command “winsat mem“. Winsat kepanjangan dari Windows System Assesment Tool yang berfungsi sebagai peralatan bawaan Windows untuk menaksir kecepatan hardware laptop atau CPU.

Command Winsat Mem

Command Winsat Mem

Dari hasil “winsat mem” melalui command CMD di atas, kita bisa melihat bagian Memory Performance bernilai 3942,04 MB/s. Artinya kecepatan memory kita berkisar antara 3-4 MB per detik. Semakin tinggi Memory Performance yang dihasilkan, berarti kualitas kecepatan RAM Anda semakin baik.

Pada kasus di atas, saya menggunakan sistem operasi Windows 7 dengan spesifikasi RAM sebesar 2 GB. Sebenarnya tidak begitu bagus nilai Memory Performance-nya, namun karena pemakaian tidak terlalu mainstream, jadi tidak akan begitu bermasalah dengan hasil seperti itu.

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.