Tips Keamanan Browser Internet Explorer

Mungkin dari sekian pengguna internet di dunia maya, masih ada sebagian yang menggunakan browser bawaan sistem operasi Windows ini, Internet Explorer. Meskipun peramban Internet Explorer sudah mulai muncul update dan versi terbaru yang lebih canggih, contohnya IE 10. Tapi beberapa penggemar Windows, terutama Windows 7, Vista, dan Windows XP masih ada yang menggunakan IE versi lawas.

Internet Explorer Terbaru

IE

Apa alasan mereka masih menggunakan IE versi lawas ?

  • Tidak terlalu sering menggunakan IE dan lebih menyukai browser lain.
  • Tidak support di Windows versi lama.

Menurut saya, perkembangan Internet Explorer sekarang sudah sangat baik sejak munculnya versi 10. Browser versi ini menawarkan fitur yang komplit dan sangat mendukung perubahan-perubahan markup web semantik terbaru.

Kenyataan di lapangan, browser Internet Explorer versi lawas terkadang memang dipakai sebagai aplikasi cadangan tatkala browser kesukaan kita mengalami masalah. Namun ada beberapa hal yang harus kita lakukan agar peramban IE dapat berjalan secara aman dan efektif di sistem Windows kita. Ada banyak hal yang dapat kita lakukan, berikut adalah ringkasannya :

number 1Update versi terbaru

Pemakai sistem operasi Windows XP dan Vista setidaknya masih bisa merasakan update versi Internet Explorer 8. Karena terutama bagi pengguna Windows XP browser IE default masih di versi 6 yang diinformasikan terdapat banyak sekali lubang-lubang keamanan.

Silahkan kunjungi laman ini http://www.microsoft.com/en-us/download/internet-explorer-8-details.aspx untuk menjajal Internet Explorer versi 8.

number 2Mengaktifkan fitur inPrivate Filtering

Pada Internet Explorer versi 8 yang juga terkadang penulis pakai. Di dalamnya sudah tersemat beberapa fitur-fitur penting sebagai solusi untuk meningkatkan keamanan saat kita berselancar di dunia maya. Salah satu fitur yang bisa dipakai untuk mengamankan data pribadi komputer kita adalah inPrivate Filtering.

fitur inPrivate Filtering

fitur inPrivate Filtering

Sebagai contoh, saat kita mengunjungi website yang di dalamnya memanggil data-data dari pihak ketiga, tanpa kita ketahui terkadang data kita pun ikut nimbrung di dalam salah satu layanan pihak ketiga tersebut. Untuk mem-filternya kita bisa memanfaatkan inPrivate Filtering. Berikut adalah cara mengaktifkan fitur ini :

  1. Aktifkan menu Command Bar Internet Explorer
  2. Sorot menu Safety, kemudian pilih inPrivate Filtering
  3. Setelah muncul jendela baru, pilih saja Block for Me

number 3Tingkatkan Privacy Saat Browsing

Internet Explorer dapat kita atur tingkat privacy ke level yang tinggi, yaitu High hingga Block All Cookie. Secara default, Internet Explorer tersetting dengan level medium. Namun jika kita ingin privacy lebih terjaga. Pilihlah pengaturan tertinggi untuk level privacy tersebut. Caranya :

  1. Melalui Command Bar, sorotlah Tools
  2. Kemudian pilih Internet Options
  3. Setelah muncul jendela baru, pilih tab Privacy.
  4. Silahkan diatur sesuai keinginan Anda.
Pengaturan Privacy IE

Pengaturan Privacy IE

number 4Mematikan Javascript untuk Meningkatkan Security

Javascript terkadang menimbulkan efek lagging pada browser yang terinstall pada komputer dengan spesifikasi rendah. Jika IE memang merasa terlalu berat saat browsing mencari artikel ataupun informasi di internet. Kita bisa menonaktifkan fitur Javascript pada semua laman web.

tingkatkan security level zone

tingkatkan security level zone

 

Fitur ini terletak di tab Security pada jendela Internet Options. Silahkan atur bagian Security Level for this Zone hingga level High. Kemudian restart browser IE Anda, maka semua laman web yang kita buka akan terasa cepat dan aman dari script tertentu.

number 5Tambahan

Selain itu, sebenarnya masih ada lagi fitur-fitur security yang tersemat di dalam browser ini. Seperti inPrivate Browsing (seperti fitur incognito Chrome), PopUp Blocker, bahkan ada juga fitur SmartScreen Filter untuk mengirimkan report ke Microsoft apakah laman web yang kita kunjungi tersebut aman.

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.