Menulis Artikel Teknologi Menggunakan Bahasa Indonesia

Well, mungkin pembaca sering membaca artikel, posting blog, berita dalam Bahasa Inggris. Teman-teman pembaca sekaligus developer aplikasi pastinya juga sering mencari tutorial di internet dan rata-rata pasti menggunakan Bahasa Inggris. Tidak dipungkiri lagi karena bahasa ini merupakan bahasa internasional yang diterima di seluruh belahan bumi manapun.

Artikel teknologi mengapa kebanyakan menggunakan Bahasa Inggris? Karena memang riset-riset orang barat banyak sekali ditujukan untuk kemajuan teknologi saat ini. Entah itu artikel tentang pemrograman, kedokteran, penerbangan, pertanian dan masih banyak lagi. Dan umumnya artikel tersebut berkualitas.

Kita sebagai orang Indonesia, sama sekali tidak dilarang untuk membaca tulisan-tulisan dari internet tersebut, bahkan dianjurkan untuk menambah pengetahuan yang notabene tidak tersedia dalam bahasa lokal. Okay, ngomong-ngomong soal orang Indonesia dan tulisan-tulisan Lokal, sebenarnya perlu nggak sih? Kita menulis artikel dalam bahasa Inggris? Dalam beberapa aspek dan bidang sangat dianjurkan kita menulis artikel dalam Bahasa Inggris, seperti artikel mengenai pariwisata lokal Indonesia, makanan khas, tradisi dan yang berbau lokal-lokal lainnya. Dengan menulis tulisan tentang pariwisata Indonesia menggunakan Bahasa Inggris, otomatis kita juga akan mempopulerkan Indonesia ke mancanegara, membantu promosi wisata dan berbagai potensi lokal ke mancanegara. Bagus bukan?

Namun, tunggu dulu jika kita ingin menulis tulisan di bidang teknologi. Usahakanlah menggunakan bahasa Indonesia, apalagi jika artikel tersebut kita dapat dari internet lalu ingin memaparkan ulang ke teman-teman. Dengan menggunakan bahasa Indonesia, sama halnya kita menambah khasanah ilmu-ilmu global yang belum ada di negeri kita, yang pasti ilmu tersebut sangat bermanfaat dan fresh from oven. Memang tidak semua orang Indonesia dapat berbahasa Inggris, jadi alangkah indahnya bila kita yang sudah mengetahui ilmu-ilmu dari luar untuk ditularkan ke teman-teman pembaca dari Indonesia.

Bukannya saya melarang untuk menulis menggunakan bahasa Inggris, tapi menulis menggunakan Bahasa Indonesia akan lebih bermanfaat bagi banyak kalangan di negeri sendiri. Jepang, China, Korea, Thailand sudah membuktikan, cobalah cari artikel teknologi dengan bahasa mereka, mungkin cukup banyak. Lain halnya dengan India (menurut saya), kebanyakan dari artikel-artikel yang ditulis orang India yang melek teknologi kemungkinan besar menggunakan Bahasa Inggris. Karena disana arus globalisasi sangat deras sekali.

Ayok ! đŸ˜€

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

One thought on “Menulis Artikel Teknologi Menggunakan Bahasa Indonesia

  1. Masalahnya ada ‘nggak pelajaran menulis tentang teknologi dalam bahasa Indonesia? Juga tentang sains? Pelajaran bahasa Indonesia biasanya untuk tujuan umum saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.