HTML5 dan PhoneGap

Seperti yang pernah saya janjikan pada artikel sebelumnya. Dalam tutorial berseri ini, saya akan melanjutkan tutorial mengenai penggunaan PhoneGap dan bahasa pemrograman HTML5. Kita tahu, HTML5 mempunyai banyak fitur dan keunggulan. Salah satu keunggulannya adalah support untuk multi-device. Maksud dari support multi-device adalah HTML5 saat ini dapat terbaca di browser-browser smartphone terbaru saat ini. Jika belum support HTML5, saya harap Anda tidak salah beli perangkat mobile phone. 😀

PhoneGap merupakan sebuah framework (area kerja) untuk membuat aplikasi mobile terutama Android, iPhone, Blackberry, Windows Phone 7, Bada. Jangan bayangkan PhoneGap itu seperti aplikasi editor berbasis GUI semacam Adobe Dreamweaver, Visual Basic atau Delphi, karena PhoneGap adalah sebuah arsitektur yang dapat kita pakai untuk membuat aplikasi mobile. Pembaca dapat mengenal lebih jauh tentang PhoneGap dengan mengunjungi situs resminya PhoneGap (Phonegap.com).

PhoneGap Logo

PhoneGap

Setelah membaca keterangan di situs resmi PhoneGap, semoga pembaca akan paham tentang PhoneGap itu sendiri. Dari saya, PhoneGap akan membantu kita untuk membangun aplikasi menggunakan bahasa pemrograman HTML, Javascript ditambah CSS. Bisa kita bayangkan beberapa waktu yang lalu, untuk membuat aplikasi Android atau iPhone maka kita diharuskan menggunakan bahasa C maupun Java. Bagi penggemar C dan Java pasti fine-fine saja, tapi bagi web developer yang kepingin banget membangun aplikasi mobile, tentunya harus menyesuaikan dan butuh waktu juga untuk belajar.

Dengan menggunakan PhoneGap seorang web developer akan diberi angin segar untuk mem-build suatu mobile applications berbasis Android, iPhone dan lainnya dalam satu paket compiler cloud. Yang harus kita persiapkan untuk belajar PhoneGap adalah sebagai berikut:

  • Text Editor, baik Dreamweaver atau Notepad++. Penulis menggunakan Bluefish.
  • Eclipse IDE versi Juno maupun yang paling baru.
  • Koneksi internet, 😀

Oke, dalam artikel selanjutnya saya akan membahas instalasi PhoneGap dan penjelasan lebih lengkap mengenai PhoneGap. Stay Tuned, ! 🙂

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

2 thoughts on “HTML5 dan PhoneGap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.