Yang “Open” Memang Lebih Enak

Sore ini setelah menulis satu coretan berjudul “Kenapa Harus Facebook?“, saya melanjutkan kembali menulis coretan lain karena tertegun melihat artikel di situs resmi kampus ITS yang berjudul “Gratis ke AS Setelah Petakan Kompleks Perumahan” . Kira-kira apakah isi dari coretan dari ITS di atas?

Saya baca dan nikmati kata demi kata berita tersebut yang intinya ada salah seorang mahasiswa dari ITS yang sukses dalam sebuah perlombaan tingkat internasional dan berhak mendapatkan hadiah jalan-jalan ke negeri Paman Sam. Lantas apa yang dilakukan oleh mahasiswa tersebut sehingga ia memanangkan hadiah itu? Dari berita, mahasiswa tersebut berhasil membuat peta perumahan yang ia tinggali.

Lewat berita dari kampus ITS tersebut, saya pun mendapatkan database ilmu baru mengenai OpenStreetMap. Dari sumber yang terpercaya saya mencuplik tentang OpenStreetMap yang merupakan sebuah proyek yang dikembangkan oleh organisasi internasional untuk mengembangkan sebuah server petaonline yang berbasis input dari penggunanya sendiri.

Perlu diketahui karena dikembangkan oleh organisasi internasional, maka OpenStreetMap mempunyai hak cipta komunitas dan setiap orang dapat ikut berkecimpung ke proyek tersebut.

Saya tersenyum mendengar proyek ini, karena memang saya adalah pengguna sistem operasi berbasis Open Source

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.