Kembali ke Ubuntu 10.04

Kegiatan komputasi sehari-hari saya memang cukup padat, tiap pagi hingga malam berkutat dengan berbagai aplikasi. Jujur saja, saya memang pengguna dan penggemar sistem operasi Linux terutama Ubuntu, Linux Mint, Debian dan cucu-cucunya. Pada suatu saat yang lalu, Linux Mint 9 yang sudah saya pakai selama 2 tahun mengalami gangguan.

back to ubuntu

Gangguan yang saya alami di Linux Mint tersebut kemungkinan besar akibat faktor-faktor eksternal seperti listrik padam mendadak sehingga sistem pun menjadi mati mendadak. Kejadian tersebut juga mengakibatkan harddisk laptop saya terdapat bad sector. Walhasil, suatu saat Linux Mint yang saya pakai tidak bisa booting. Terdapat warning Filesystem Error.. dan Bla bla.

Saya mencoba mengatasi dengan membuang partisi Linux Mint, tentu saja sebelumnya saya backup data-data penting. Saya install dengan Linux Ubuntu versi baru 11.10 dan 12.04 LTS, ternyata ada masalah initramfs (busybox) saat booting. Saya pun pada waktu itu mencoba kurang lebih 7 distro ke dalam komputer, hingga pada akhirnya jatuh pada Lucid Lynx atau Ubuntu 10.04 LTS.

Tak ada masalah di booting, karena booting terasa cukup cepat, kinerja lancar, meskipun dengan masa aktif support dari Ubuntu kurang lebih satu tahun ke depan hingga 2013.

Bagi anda pengguna Linux maupun FOSS, jangan menyerah jika menghadapi berbagai masalah dan rintangan yang menghadang ! Salam !

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.