Terkena Hack Itu Biasa

Kegiatan hacking oleh peretas web akhirnya menyambangi website pribadi saya ini dan juga HMJ TIKOM. Suatu sore setelah saya menunaikan Sholat Maghrib, saya menyempatkan waktu membuka blog pribadi ini dan Taraa…….. ! Anda bisa melihat tampilan seperti di gambar screenshot di bawah ini.

hacking

Dalam pikiran saya, ulah ini pasti dilakukan oleh hacker lokal yang dalam pesan-pesan gambarnya juga menulis tentang Palestina. Menurut pengetahuan saya, dia (si hacker) menjebol situs web tidak lebih karena ingin mencoba-coba keahlian mereka, tanpa ada maksud yang lain. Meskipun demikian, bagi newbie web seperti saya ini sudah cukup kalang kabut menghadapi kendala hack seperti ini.

Solusi,

Setelah kejadian tersebut, yang pasti saya mengirim ticket ke penyedia layanan hosting dan domain perihal web telah terkena hack atau deface. Lalu saya mencoba masuk ke Cpanel dan masih bisa. Saya cek folder-folder melalui FileZilla namun tidak menemukan yang aneh (karena mungkin kurang teliti).

Saya pun mulai membackup semua database yang ada di situs, dan menumpangi seluruh file dengan file asli dari WordPress, kebetulan saya memang menggunakan WordPress. Hasilnya nihil, situs masih terkena hack.

Setelah 1 jam mengubek isi situs, akhirnya saya menemukan file yang aneh dengan nama “index.html”. Dan file itulah yang telah menjadi racun web ini, dan bodohnya saya yang tidak mengetahuinya dari awal, karena web itu pasti membaca file index.html bukan index.php (kecuali telah terkonfigurasi di .htacces)

Dan itulah pengalaman pertama saya, dengan situs pribadi yang terkena Hack. Semoga bermanfaat.

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

2 thoughts on “Terkena Hack Itu Biasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.