Luasnya Dunia Marketing

Jangan pernah menyepelekan bidang pekerjaan ini, dimana dari dahulu sampai sekarang bidang ini masih tetap menjadi job favorit di kota-kota maju di Indonesia. Apakah bidang pekerjaan ini ? dia adalah seorang marketing, sales atau sejenisnya. Apalagi jika pembaca pernah ditawari sebuah perusahaan untuk duduk diposisi sales, jangan pernah meremehkan pekerjaan ini, karena bidang pekerjaan ini bisa jadi lebih mulia dibanding yang lain. #heehe

Marketing Executive

Sejarah menunjukkan bahwa bidang marketing dan sales sangat erat kaitannya dengan kekuatan pemasaran yang dimiliki oleh perusahaan. Semakin baik performa sebuah tim marketing disuatu perusahaan, hal ini bisa dijadikan sebuah jaminan bahwa perusahaan juga memiliki performa yang baik dalam penjualan. Perusahaan yang tidak memiliki tim marketing solid atau bahkan memberikan sedikit porsi pada bagian marketing, sebagus apapun produk yang dihasilkan oleh perusahaan, maka bisa dimungkinkan perusahaan akan sulit berkembang.

Berkaitan dengan marketing, sebenarnya hal ini tidak serta merta merujuk kepada sebuah perusahaan besar, pentingnya sebuah tim marketing bisa juga menyasar ke hal-hal yang bersifat mikro maupun menengah. Sebagai contoh sebuah industri kreatif yang memiliki tim pendevelop produk luar biasa, penulis bisa menjamin bahwa produk tersebut akan sulit diterima di pasar. Salah satu alasannya adalah tidak semua kreator produk memiliki kompetensi atau kemampuan untuk memasarkan produk.

Terkadang, sebuah produk yang awalnya tidak memiliki pasar dan dipandang sebelah mata oleh banyak orang, tetapi berkat tangan-tangan handal para marketer produk tersebut bisa terjual sekaligus memiliki nilai jual ketimbang produk yang mungkin dipandang lebih baik.

Meskipun bidang marketing bisa dipelajari secara otodidak melalui pengalaman dan lain sebagainya, tapi untuk menuju kepada sebuah profesional marketing tentunya butuh waktu yang tidak sedikit. Oleh karena itu, boleh saja jika pembaca yang kebetulan memiliki perusahaan kecil-kecilan untuk mencari sosok pemasar yang handal sebagai pivot dan kunci penjualan produk.

Dunia marketing sebenarnya memiliki karakteristik yang sama dengan dunianya para kreator, yakni harus memiliki sisi karakter kreatif. Tidaklah disebut sebagai seorang marketer handal jika tidak memiliki jiwa kreatif. Ide-ide gila penjualan produk, strategi penjualan, hingga informasi pangsa pasar akan lebih baik jika diserahkan kepada tim marketing.

Perusahaan-perusahaan besar yang ada di sekitar kita saat ini, sebenarnya bukanlah hasil dari kerja keras para founder atau pemilik ide atau si pendevelop produk. Namun juga hasil dari kontribusi dan hasil kerja keras para marketer handal di perusahaan tersebut. Contoh nyata yang terjadi adalah maraknya smartphone buatan negeri tirai bambu yang sekarang telah menyasar dan hampir merebut pangsa pasar telepon genggam di negara kita. Meski dianggap murahan, tapi tetaplah menjadi pilihan beberapa orang. Toh, jika dibanding dengan buatan pabrikan ternama, kualitas maupun spesifikasi tidak terlalu berbeda jauh.

Tanpa para pencetus strategi handal untuk memasarkan produk, bisa jadi smartphone buatan negeri tirai bambu sekarang tidak akan sefenomenal pada detik ini. Semuanya berawal dari kebutuhan masyarakat dan strategi yang jitu untuk memasarkan. Selamat datang di dunia marketing !

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

3 thoughts on “Luasnya Dunia Marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.