Swasembada Internet

baiduTepat pada tanggal 18 Januari 2000, di negeri tirai bambu atau biasa kita sebut China, lahirlah sebuah Internet Service terkemuka bernama Baidu. Baidu diciptakan oleh seorang yang saat ini menjadi manusia terkaya nomor 2 di negeri tirai bambu tersebut, Robin Li. Sampai saat ini, menurut perhitungan Alexa Range (mesin peranking website dunia) Baidu menempati posisi 5 situs top di dunia. Di atasnya masih kokoh berdiri 4 situs populer lainnya yaitu Facebook, Google, Youtube dan Yahoo. Lihat sumbernya di Alexa.

Hal ini merupakan sebuah prestasi yang luar biasa bagi penduduk China sendiri, mengingat jajaran situs top yang masuk 10 besar Alexa merupakan website yang diakses minimal 1-5 juta manusia perharinya. Lantas, gerangan apakah yang menyebabkan Baidu bisa nangkring di posisi 5 situs top dunia tersebut? Jawaban yang terdengar sangat tepat adalah China sudah melakukan swasembada Search Engine di negeri mereka.

Menurut catatan yang saya dapat dari Wikipedia, entah masih berlaku atau tidak, bahwa 50% lebih Market share internet service di China yang berupa produk-produk internet telah dikuasai oleh Baidu. Produk paling digunakan tentunya adalah Baidu Search Engine.

internet penetration

internet penetration

Jika ingin tahu negara manakah yang memiliki penduduk terbanyak pengakses jaringan internet? Jawabannya adalah China, Anda bisa melihat data di atas. Dengan total kurang lebih 550 juta atau setengah milyar pengakses Internet, China telah menjadi nomor 1 di dunia. Padahal penetrasi pengguna internet China masih dikisaran 20%, bagaimana jika mencapai 50% atau 80% ? Proud of China ! 😀

Keuntungan dengan semakin banyaknya pengakses seperti di atas, yang pasti adalah pasar internet marketing akan tumbuh subur dan negara semakin maju. Kita tahu saat ini Amerika pun sudah merinding jika melihat China di pasar dunia. Produk-produk mereka telah membanjiri pasar mancanegara, bahkan Indonesia pun kena ciprat jutaan produk China.

Setelah melihat kedigdayaan China di sektor pasar internet dunia. Mari kita tilik juga bagaimanakah kondisi dunia internet di negeri tercuinta ini.

  • Mampukah menyaingi negeri Tirai Bambu ? (tidak mungkin)
  • Mampukah menyandingi Paman sam? (mungkin-mungkin saja)

Go to Indonesia !

Baiklah, mari kita checking sejenak mengenai kondisi tubuh kita sendiri. Akhir tahun 2012, pemakai Internet atau penetrasi pemakai di Indonesia sudah mencapai 20% dengan total kurang lebih 60 juta penduduk. Nah loh ? yang 80% pada ngapain tuh ? Belum punya modem kali ya ? atau sinyal belum nyampai desa kali ? Just kidding 😀

Apabila nantinya penetrasi sudah mencapai 50-80%, kemungkinan negara kita ini akan memiliki peluang market share sangat besar hingga mampu menyaingi negeri paman Sam, India, tentunya Korea maupun Jepang. Tapi kapan mas bro? Mengenai kapan atau kapanlagi.com :p , mari kita tanyakan saja proyek fiber optic yang masih dikerjakan PT. Telkom yang bekerja sama dengan beberapa perusahaan swasta lain.

Kalau kita ricek, persebaran internet di negeri Bambu Runcing ini memang kurang elegan. Melihat kondisi negeri yang berpulau-pulau dipisahkan oleh lautan, dan juga infrastruktur internet yang kurang maksimal.

Oke, mending kita berfikir untuk pribadi kita sendiri. Mari merenung sejenak kira-kira kontribusi apakah nantinya yang dapat kita lakukan jika Indonesia sudah siap bersanding dengan Dunia? Lets do it! Aku percaya pada kalian? Suatu saat nanti, saya yakin mimpi kita akan menjadi kenyataan bahwa Indonesia pasti bisa kembali pada jalurnya menjadi negara kuat tanpa campur tangan negara lain. Amin

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

One thought on “Swasembada Internet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.