Cek Informasi SMTP Hosting Untuk PHP Mailer

Aplikasi web berbasis PHP yang dibangun menggunakan fitur mailer (PhpMailer) setidaknya membutuhkan konfigurasi email (Port SMTP) yang dipakai di hosting maupun server sebagai nyawa dari aktifitas mailer. Jika tidak demikian, fungsi pengiriman email dari dan ke aplikasi web tidak akan berjalan sempurna atau bahkan error.

Seperti yang telah sedikit penulis jelaskan pada artikel tutorial sebelumnya mengenai pembuatan form aktivasi menggunakan PhpMailer, untuk melakukan uji coba apakah email dapat berjalan dengan semestinya, setidaknya pembaca membutuhkan hosting baik yang gratis maupun berbayar.

Jika pembaca masih sedikit bingung bagaimana cara mengetahui konfigurasi mail untuk client yang dipakai untuk aplikasi web. Berikut adalah langkah-langkah untuk menampilkan informasi mengenai konfigurasi mail client terutama Port Outgoing Server (SMTP) di hosting.

panahCek Port SMTP di Idhostinger (Gratis)

Perlu diketahui pembaca, salah satu webhosting di Indonesia yang masih melayani pembuatan akun hosting dengan gratis adalah IdHostinger. Jika pembuatan aplikasi testing web pembaca kebetulan menggunakan akun Idhostinger, silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk mengetahui informasi akun smtp yang dapat dipakai untuk konfigurasi PhpMailer :

1Silahkan login ke akun Idhostinger pembaca (tampilan baru login page Idhostinger):

Login IdHostinger

2Setelah sukses login, pilih dan klik kotak Hosting di halaman dashboard, berikut adalah halamannya :

Dashboard IdHostinger Baru

Dashboard IdHostinger Baru

3Klik pada area domain yang telah pembaca daftarkan di Idhostinger, maka akan muncul beberapa fitur untuk pengelolaan hosting dan domain. Pilih kelola hosting :

Pilih Kelola Hosting

Pilih Kelola

4Pada halaman hosting, kemudian pilih detail, seperti gambar di bawah ini :

Klik detail

Klik detail

5Setelah halaman detail domain terbuka, scroll down ke bawah hingga ke bagian Detail Email. Carilah informasi Host SMTP dan Port SMTP. Lihat gambar berikut

Detail Port SMTP

Detail Port SMTP

Pada Idhostinger, Host default SMTP yang dapat dipakai adalah mx1.idhostinger.com dan Port default adalah 2525. Pembaca bisa menggunakan informasi ini untuk konfigurasi aplikasi PhpMailer.

Contoh potongan kode pada library atau modul mailer adalah sebagai berikut :

<?php

...

$mail->Host 	= 'mx1.idhostinger.com';
$mail->Port       = 2525;
$mail->Username   = "akunemail@domainanda.com"; // username email akun
$mail->Password   = "passwordanda";        // password akun

...

?>

Ada satu hal lagi yang perlu pembaca butuhkan agar PhpMailer berfungsi dengan baik adalah akun username email dan password. Silahkan buat akun email melalui control panel idhostinger. Setelah akun dibuat, masukkan informasi username (nama email) pembaca dan password untuk digunakan pada variabel $mail-Username dan $mail->Password.

Jika Pembaca belum membuat akun email, maka aplikasi Mailer tidak akan berjalan dan akan terjadi error pada saat action.

panahCek Port SMTP di cPanel (Berbayar)

Hosting yang berbayar, rata-rata telah menggunakan cPanel (WHM) untuk konfigurasi situs maupun hosting pelanggan. cPanel sangat memudahkan dan memiliki banyak sekali fitur untuk keperluan manajemen situs. Apabila pembaca menggunakan hosting yang memiliki akun cPanel, silahkan ikuti langkah berikut untuk mendapatkan informasi Host dan Port SMTP :

1Login melalui cPanel Pembaca

 

2Pada dashboard atau halaman utama cPanel silahkan pilih WebMail

Pilih Webmail cPanel

Pilih Webmail cPanel

3Kemudian klik “Go to Secure WebMail Login

 Go to Secure Webmail Login

Go to Secure Webmail Login

4Setelah masuk di halaman Mail Client Configuration, scroll down ke bawah dan cari informasi Manual Setting. Dari bagian tersebut, terdapat informasi mengenai outgoing server SMTP yang dapat pembaca pakai baik via SSL maupun non-SSL.

Port SMTP cPanel Hosting

Port SMTP cPanel Hosting

Pembaca bisa menguji kedua mode autentikasi tersebut. Jika SSL untuk akun hosting biasanya memakai setting SSL dari server yang dipakai oleh pemilik hosting.

Selamat mencoba.

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.