HexGL 3D, Game Racing HTML5 Besutan Pemuda Prancis

Ingin merasakan bagaimana markup HTML5 merender sebuah game 3D? Silahkan mencoba HXGL, game 3D racing besutan Thibaut Despoulain pemuda berkebangsaan Prancis. Game racing yang asli dibuat menggunakan HTML5, Javascript dan juga Engine WebGL ini menyuguhkan tampilan 3D layaknya game desktop. Untuk menjalankan game ini kita harus berkunjung ke situs resmi yang beralamat di hexgl.bkcore.com.

HexGL Racing Game

HexGL

Merunut dari kisah pembuatannya, Game ini tercipta berkat adanya Three.js. Sebuah library 3D yang dikhususkan untuk bahasa pemrograman Javascript. Three.js sendiri merupakan library yang dipakai untuk berbagai eksperimen berbasis HTML5 dan dapat dipakai untuk pembuatan obyek-obyek game seperti obyek kamera, obyek lampu, bahan-bahan material dan masih banyak lagi.

HexGL sepenuhnya mendukung engine WebGL sebagai salah satu fitur HTML5 yang memungkinkan untuk merender grafis tingkat tinggi melalui web browser. Menurut Wikipedia, WebGL sendiri merupakan Javascript API untuk perenderan game-game 2D dan 3D berbasis browser masa kini tanpa perlu melakukan instalasi driver tertentu.

HexGL tersedia dalam 3 tipe :

  • Mobile, untuk komputer atau laptop berspesifikasi rendah,
  • Mainstream, komputer dengan spesifikasi tingkat menengah, dan
  • Ultra, untuk komputer High-End yang telah mendukung chipset kartu grafis tingkat GT x50 maupun HD x770.

Semua pilihan tipe dari HexGL dapat kita jalankan melalui browser. Kita bisa memilih tipe-tipe tersebut sesuai dengan kondisi komputer atau laptop yang dipakai. Game ini juga menyuguhkan 3 arena track permainan, dimana kedua track masih bersifat “lock” dan dapat dibuka ketika mencapai skor tertentu saat memainkan game ciamik ini. Lihat video di bawah ini untuk menyaksikan demo permainan HeXGL.

Game ini telah teruji pada browser Mozilla Firefox dan Google Chrome versi terbaru. Melalui Github, kita pun bisa melihat source code development Game HexGL yang telah dipublikasikan sejak 8 bulan lalu oleh si pembuat Game. Silahkan kunjungi https://github.com/BKcore/HexGL

Saya sendiri telah menguji Game HexGL ini pada Browser Google Chrome Canary, dengan laptop berspesifikasi AMD sekelas Intel Dual Core, RAM 2GB dan sistem operasi Windows 7. Laptop nyaris tanpa tersendat dan lagging, game pun berjalan cukup mulus pada tipe mode Mobile disertai grafis yang tidak kalah dengan game 3D versi desktop. Sangat menyenangkan apabila teman-teman menyukai game racing luar angkasa seperti ini.

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

One thought on “HexGL 3D, Game Racing HTML5 Besutan Pemuda Prancis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.