Saham Mahal Perusahaan Internet & Social Network

saham internetPertengahan tahun 2011 merupakan awal dari bisnis-bisnis berbau IT terjun ke pasar saham. Salah satu yang paling terkenal adalah Linked In, sebuah website jejaring relasi bisnis yang dirintis oleh Jeffrey Weiner pada Desember 2008 ini telah Go Public pada 18 Mei 2011. Sampai sekarang Linked In memiliki total kurang lebih 7,8 Juta lot saham.

Berbicara mengenai saham, selain Linked In ternyata masih ada beberapa perusahaan IT lain yang telah menawarkan saham perdana ke masyarakat, atau biasa kita sebut dengan IPO. Didunia persahaman, bahkan perusahaan-perusahaan ini berhasil mencapai laba yang cukup fantastis.

Berikut adalah beberapa perusahaan IT terutama Social Network yang telah terjun ke dunia saham :

sahamTwitter

Platform microblogging paling populer sejagat, Twitter telah merilis sahamnya ke pasar modal pada November 2013. Pada awal pembukaan, animo investor untuk memiliki saham ini sangat lah luar biasa. Hasilnya pada penutupan hari pertama pembukaan tersebut, tepatnya tanggal 7 November 2013, Saham Twitter di New York Stock Exchange (NYSE) melonjak hingga 73%. Fantastis.

Twitter Saham

Jika kita lihat, Twitter memanfaatkan trafik super besar di situs mereka untuk membuat bisnis Iklan Mobile. Perlu kita ketahui pula, perkembangan dunia digital terutama mobile, akhir-akhir ini memang mengalami lonjakan yang spektakuler. Sebagai informasi, harga saham Twitter saat ini diperkirakan mencapai 17 US$ per saham.

sahamFacebook

Jauh setahun sebelum Twitter melakukan IPO, Facebook telah menawarkan saham mereka ke masyarakat pada 18 November 2012. Pada waktu itu, penawaran IPO Facebook adalah yang terbesar dalam sejarah dunia saham untuk perusahaan berbasis Internet, dengan total dana sebesar 104 Miliar US$.

Facebook IPO

Facebook IPO by CeoWorld

Selain menjadi beken di dunia internet, Facebook juga beken ketika di pasar Saham. Buktinya, jumlah lot saham Facebook merupakan terbesar dibanding saham perusahaan berbasis internet lain. Microsoft yang kita tahu mempunyai produk populer di dunia IT masih kalah jauh dibanding Facebook. Total saham Microsoft berjumlah 2,80 juta lot saham, sedangkan Facebook telah mencapai 420 juta lot saham lebih.

sahamGoogle

Perusahaan milik Larry Page dan Sergey Brin ini merupakan pemain lama di dunia saham. Google ‘terdeteksi’ oleh pasar saham pada Agustus 2004. Meskipun memiliki nama besar untuk sekelas perusahaan berbasis internet dan IT. Google menurut beberapa sumber yang tercepercaya hanya nangkring diposisi 3 perusahaan dengan dana IPO terbesar. Dibawah Facebook dan Twitter.

Harga saham Google juga terkenal paling mahal dibanding perusahaan sekelasnya. pada penawaran pertama, harga saham Google mencapai 85 US$, sedangkan Facebook hanya berkisar antara 38 US$ dan Twitter 44 US $.

sahamSaham lain

Selain ketiga perusahaan diatas, masih ada beberapa perusahaan internet lain yang telah melakukan IPO ke pasar saham diantaranya adalah :

  • Zynga, tercatat di pasar saham┬ápada 15 Desember 2012.
  • Linked In, tercatat pada 18 Mei 2011.
  • Groupon, pada 3 November 2011.
  • Pandora, Juli 2011.
  • Apple, Desember 1980.
  • eBay, September 1998.
  • Microsoft, Maret 1986.
  • Amazon, pada Juni 1997, dan
  • Yahoo tercatat pada April 1996

Jika berminat membeli saham-saham diatas, tampaknya pembaca harus merogoh kocek yang cukup dalam. Karena selain harga perlot saham tinggi, harga-harga saham tersebut juga merujuk kepada mata uang Dollar yang kita tahu harganya sekarang sedang membumbung tinggi.

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.