Urusan HTML5, Google Chrome Masih Merajai

Pernahkah pembaca mendengar tentang HTML? Atau mungkin pernah mengetahuinya namun tidak tahu fungsinya. Penulis akan memberikan sedikit eksplanasi mengenai salah satu bahasa pemrograman yang wajib dikuasai oleh web programmer ini, HTML kepanjangan dari Hyper Text Markup Language yang fungsi utamanya adalah untuk membangun kerangka utama sebuah website.

chrome browser

Seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi website, HTML telah berubah dan bermutasi dengan memiliki banyak kelebihan maupun performa. Perlu pembaca ketahui bahwa versi terbaru HTML telah mencapai versi ke 5, dan banyak orang menyebutnya dengan generasi HTML5. Generasi dimana HTML telah dimanfaatkan bukan hanya untuk keperluan website namun juga pembangunan aplikasi mobile.

Semakin berkembangnya HTML dan semakin lengkapnya fitur-fitur yang dimiliki HTML5 membuat pabrikan browser-browser diharuskan untuk mengikuti perkembangan juga. Browser sekarang harus men-support dukungan fitur-fitur di HTML5 agar bisa tetap eksis di dunia kompetisi antar peramban komputer maupun mobile. Sebenarnya bukan tanpa alasan, browser harus mendukung fitur HTML5, salah satu alasannya adalah rata-rata website di internet sudah memanfaatkan teknologi HTML5 untuk improvisasi segi fitur maupun tampilan situs mereka. Berikut adalah contoh-contoh website populer yang telah memanfaatkan HTML5 :

  • Gmail
  • Youtube
  • Facebook
  • Twitter
  • SoundCloud
  • dan lain sebagainya

Hampir semua developer maupun pemilik website 2.0 (website masa kini) telah menyunting teknologi website mereka agar situs terasa lebih modern atau bahkan interaktif. Untuk memaksimalkan dan memberikan kesan yang sempurna pada tampilan situs berbasis HTML5, dari sisi pengguna juga harus mengikuti perkembangan browser yang dipakai untuk mengakses situs bersangkutan.

Menurut beberapa statistik, bisa dikatakan browser yang ada dipasaran sekarang ini telah memiliki kemampuan dan dukungan untuk website berbasis HTML5. Namun masing-masing browser tentunya memiliki kemampuan yang berbeda-beda mengenai performa akses terhadap situs berbasis HTML5. Berdasarkan hasil analisa dan testing yang dirilis oleh HTML5test.com, beberapa browser untuk desktop telah dihitung tingkat kemampuannya dalam hal dukungan fitur HTML5. Mana sajakah browser yang terbaik dan sebaliknya ? Mari kita lihat data berikut :

Browser Performance Compare

Browser Performance Compare

Berdasarkan hasil skoring diatas, terlihat jelas bahwa Google Chrome versi 33 memiliki performa paling baik untuk urusan HTML5 dibanding browser lain. Urutan kedua ternyata ditempati oleh Opera dan disusul oleh Mozilla Firefox kemudian menyusul lagi adalah Safari dan Internet Explorer.

Dari skor diatas, sebenarnya apa sajakah yang dihitung untuk menghasilkan nilai total masing-masing browser. Untuk itu mari kita lihat lagi data lengkap skoring pada browser Google Chrome 33 yang di-compare dengan Internet Explorer 11 terbaru :

Google Chrome - IE Compare

Google Chrome – IE Compare

Untuk lebih lengkapnya, silahkan kunjungi laman berikut iniBeberapa point yang penulis cantumkan melalui data di atas merupakan potongan kecil dari komparasi fitur HTML5 yang disupport oleh browser Google Chrome maupun IE.

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.