Rec, Twitter Tiruan Dengan Basis Bahasa Jepang

Ketika iseng mencari tag line akun Twitter saya yang berbunyi “You can make it ! Or mock it” di Google, seketika saya menemukan website yang merangkum tagline Twitter tersebut. Setelah dibuka, ternyata bersumber dari sebuah situs bernama Rec.

Rec Twitter Mkhuda

Rec Twitter Mkhuda

Tak lama kemudian saya pun jelajahi situs yang memiliki basis bahasa Jepang tersebut, saya berfikir apakah ini sejenis model hacker untuk menyusup ke akun Twitter seseorang ? Ternyata bukan, Rec adalah situs yang dibuat untuk menyimpan log akun Twitter seseorang.

Rec merupakan proyek website yang dibuat oleh KKSG.net (kkosuge). Karena memiliki major bahasa Jepang, saya tidak begitu memahami servis utama yang digunakan oleh KKSG. Yang jelas, salah satu hasil karya situs ini adalah proyek Rec, dimana Rec memiliki fitur untuk :

  • Menyimpan dan merekam secara otomatis setiap twit
  • Menyimpan history akun twitter
  • Bahkan aplikasi mobile untuk smartphone

Jika ingin mengetahui apakah akun twitter pembaca sudah masuk dalam database Rec. Silahkan kunjungi situs Rec dan ketik url http://rec.to/[nama-akun-twitter-anda]. Seperti akun twitter versi Rec saya yang beralamat di rec.to/mkhuda. Tak perlu khawatir akun Twitter anda diretas, karena Rec (Record) hanya menyimpan aktivitas twit Anda di Twitter resmi.

Mungkin bagi pembaca yang paham dan bisa berbahasa Jepang, akan lebih menyukai Twitter tiruan ini ketimbang Twitter asli. Silahkan kunjungi situs ini di rec.to. Aplikasi web ini adalah bukti bahwa Twitter memiliki API (Application Programming Interface) terbuka untuk semua kalangan yang ingin melakukan develop aplikasi dengan basis layanan Twitter.

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.