CPU-Z Akhirnya Melebarkan Sayap Ke Perangkat Smartphone

CPUZ Android InformationCPU-Z, sebuah aplikasi legendaris pencatat informasi yang biasanya kita gunakan di perangkat komputer PC atau laptop akhirnya menyediakan versi mininya untuk pengguna smartphone terutama Android. Menurut catatan di Google Play, aplikasi CPU-Z untuk Android resmi dirilis oleh vendor CPUID sejak 13 Juni 2013.

Perlu kita ketahui bahwa CPUID yang beralamat di http://www.cpuid.com merupakan website yang aktif membuat aplikasi berbasis sistem informasi perangkat keras. Mereka menawarkan secara gratis aneka aplikasi yang berguna untuk keperluan maintenance resource PC kita. Salah satu aplikasi terbaru mereka adalah CPU-Z for Android.

CPU-Z versi Android ini adalah aplikasi gratis yang hanya berukuran 190-an Kb dengan fitur utama yaitu mereport segala informasi yang ada di dalam tubuh smartphone Android. Beberapa fitur multifungsi lainnya adalah:

  • Penampil Informasi Spesifikasi Nama Chip, Arsitektur, bahkan Clock Speed untuk Core Prosesor Android.
  • Sistem informasi brand produk smartphone, resolusi layar, kecepatan RAM, dan storage (penyimpan data)
  • Penampil informasi baterai
  • Informasi sensor lain.

Meski aplikasi ini masih dalam tahap Beta (atau) uji coba. Namun ternyata sudah mendapatkan respek yang sangat baik oleh pengguna smartphone Android. Karena CPU-Z for Android ini terbukti mampu mencapai total download sebanyak 100.000 lebih hanya dalam waktu 3 hari.

Saya pun mencoba aplikasi ini, dan memang cukup enteng dijalankan. Salah satu fitur yang menurut saya paling unik dan keren adalah penampil informasi sensor Accelerometer secara realtime. Dimana fitur ini akan menampilkan posisi Axis Accelerometer yang berada pada koordinat X, Y, Z secara realtime berdasar pada meter persegi.

Get it on Google Play

Silahkan download aplikasi ini di link Google Play yang saya sertakan tersebut. Lihatlah seberapa cepat smartphone Android Anda berjalan. Anda pun akan menemukan informasi secara detail bagian per bagian resource di dalam tubuh si robot ijo. Selamat mencoba.

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.