Cara Praktis Mengelola Web Dengan Android

mengelola web dengan androidDengan munculnya platform Android sebagai sistem operasi mobile smartphone modern. Sekarang ini semua pengguna smartphone sangat dimudahkan untuk melakukan kegiatan yang berkaitan dengan komputasi maupun komunikasi secara praktis dan efisien. Selain itu produktifitas pengguna juga lebih memiliki feel dibanding menggunakan ponsel biasa.

Segudang aplikasi Android telah memenuhi Google Play. Dimana ada banyak sekali aplikasi yang dapat kita pasang di smartphone untuk produktifitas kita terutama dalam hal pengelolaan sebuah website baik yang berbasis untuk berbagai CMS, blog atau mungkin website pribadi.

Apa saja yang dapat kita kelola dengan Android ?

  • Mengelola secara praktis dashboard website,
  • Membaca, menulis maupun menghapus artikel.
  • Pengelolaan komentar
  • Melihat Analytics pada web (Menggunakan aplikasi Webmaster)
  • Hingga mengecek uptime server website kita.

Berikut adalah beberapa aplikasi untuk platform Android yang dapat kita pakai untuk mengelola website :

WordPress for Android

Aplikasi mobile Android ini dibuat oleh pengembang utama CMS WordPress yaitu Automattic. Dimana kita akan dimudahkan untuk mempublish posting, mengelola komentar dan lain sebagainya. Pemakai blog WordPress.com maupun Self Hosted (Hosting pribadi) dapat memanfaatkan layaknya menggunakan browser di komputer.

Wordpress for Android

WordPress for Android

WordPress for Android adalah aplikasi yang meringkas dashboard WordPress dalam bentuk mobile platform. Jika pembaca menggunakan WordPress.com (non Self Hosted), kemudahan dan bentuk user interface dashboard akan lebih presisi dibanding kita menggunakan hosting pribadi yang menggunakan WordPress.

Blogger

Bagi pengguna blogspot atau blogger, jangan repot-repot membuka komputer jika suatu saat ingin memposting artikel baru di blog kita. Karena Blogger untuk Android telah tersedia untuk semua versi platform robot ijo dan semua jenis device.

Blogger for Android

Blogger for Android

Blogger untuk Android ini dibuat oleh pemilik resminya yaitu Google. Seperti biasa, kita dapat melakukan pengelolaan penuh untuk blog kita yang menggunakan engine Blogspot. Silahkan dicoba !

Joooid (Joomla for Android)

Anda pemakai CMS Joomla? Aplikasi Joooid ini merupakan versi mobile dari CMS Joomla yang dapat dipakai untuk me-menej situs kita secara praktis dan cepat. Pengguna akan dimudahkan untuk membuat konten, membuat kategori konten, memanajemen user, bahkan melakukan upload maupun download file pada website Joomla Anda.

Joomla for Android

Joomla for Android

Untuk menggunakan Joooid di Android. Terlebih dahulu kita diharuskan untuk melakukan instalasi plugin Joooid di website berbasis Joomla kita. Tanpa instalasi plugin tersebut, kita tidak akan bisa mengakses Joomla melalui platform Android.

Google Analytics for Android

Hampir semua website di internet saya yakin pasti menggunakan Google Analytics untuk menayangkan statistik kegiatan di website mereka. Bagi pemilik website komersial maupun blog pribadi yang telah menyelipkan kode Analytics di situsnya, aplikasi ini pastinya akan sangat memudahkan untuk membuka analisa statistik situs kita.

Google Analytic for Android

Google Analytic for Android

Semua statistik situs akan ditayangkan dalam bentuk mobile. Akses ke Google Analytics pun terasa lebih cepat dibanding kita harus membuka browser komputer terlebih dahulu. Semua pengguna Android dimana saja, kapan saja  dapat mengecek analisa website mereka asalkan terkoneksi ke internet.

Pengecek Keadaan Server

Pemilik website pribadi dapat dengan cepat melakukan pengecekan kondisi server website maupun hosting dengan beberapa aplikasi Android berikut :

  • Pingdom
  • Monitor.us for Android
  • URL Maestro Lite

Anda dapat membaca artikel saya sebelumnya tentang aplikasi-aplikasi tersebut di artikel ini. Dengan menggunakan tools aplikasi tersebut, secara realtime kita dapat memantau kondisi server website. Jalan kerja aplikasi tersebut sebenarnya hanya melakukan ping dan traceroute menuju website bersangkutan. Dan menampilkan hasil secara langsung kepada pengguna aplikasi.

[Info] Menurut perhitungan majalah Forbes Online yang saya baca, blog atau web dengan basis WordPress telah memiliki market share berjumlah 60 juta pengguna pada tahun 2012. Jumlah tersebut akan terus bertambah seiring pengembangan yang dilakukan Automattic terhadap fitur dan kelebihan di dalam CMS ini.

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

5 thoughts on “Cara Praktis Mengelola Web Dengan Android

  1. Terimakasih gan info na. Sngat membatu bagi saya pencinta android dn memiliki blog baru. Jd ga ush buka ttp laptop..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.