Aplikasi RSS Berbasis Phonegap Menggunakan zRSSFeed

Salah satu bentuk problem ketika mendevelop aplikasi RSS berbasis HTML5 atau Ajax adalah permasalahan Same Origin Policy. Konsep Same Origin Policy adalah tameng keamanan aplikasi berbasis Javascript. Sehingga hal ini berimbas pada sulitnya developer saat membuat aplikasi RSS untuk memfetching url dari domain yang berbeda. Setelah beberapa saat mencari solusi, akhirnya penulis menemukan sebuah library javascript bernama zRSSFeed. Library memanfaatkan Google Feed API untuk membaca feed url.

RSS dengan zRSSFeed

RSS dengan zRSSFeed

zRSSFeed adalah library javascript yang dapat pula diimplementasikan ke dalam aplikasi HTML5 Phonegap. Bagi pembaca yang akan membuat aplikasi mobile baik Android, iPhone, Blackberry, Windows Phone tak ada salahnya untuk menjajal library js satu ini. Berikut adalah implementasi zRSSFeed untuk Phonegap Android Application :

1. Pertama, download library dari situs resmi zRSSFeed di http://www.zazar.net/developers/jquery/zrssfeed/zrssfeed-120.zip

2.Mulailah dengan project Phonegap menggunakan Eclipse atau Adobe Dreamweaver 5.5 yang sudah mendukung Phonegap. Dalam praktik ini, penulis menamai aplikasi ini dengan nama “rssku”. Mengenai nama silahkan pembaca bisa mengubahnya.

3. Buat folder baru bernama rss di dalam /assests/www . Setelah itu ekstrak file zrssfeed-120.zip, taruh file jquery.zrssfeed.js dan jquery.zrssfeed.css ke dalam folder rss tersebut project Anda. Sertakan juga library Jquery. Pengaturan file folder seperti di bawah ini :

4. Kemudian di dalam file index.html, tulis kode seperti berikut ini :

5. Sebelum anda membuild / debug aplikasi, pastikan anda menambah kode <access origin=”.*” /> dibawah ini pada file cordova.xml yang terletak di dalam folder /res/xml/. Kode  ini memungkinkan aplikasi melakukan request ke seluruh domain web online.

6. Silahkan debug atau run aplikasi Anda. Atau dicoba dahulu dibuka melalui web browser. Dan rss Anda akan tampil pada foto di atas.

zRSSFeed
Jquery Library
5 / 5 stars
 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

10 thoughts on “Aplikasi RSS Berbasis Phonegap Menggunakan zRSSFeed

  1. Artikel yang bener2 membantu buat pemula seperti saya.
    Banyak yang ingin ditanyakan nih 😀
    Untuk ngetest melalui web browser gimana yah? pake localhost atau gmn? krn sebelumnya saya udah install xampp.
    Thx

  2. saya ekstrak file zrssfeed-120.zip, tp tidak ada file:
    jquery-1.7.2.min

    download 1.7.2.jquery.min.js
    tp malah error.
    tlg di bantu gan. thx b4.

      1. sukses gan, thx infonya.
        skrg bingung gmn cr edit tampilannya.(cr gabungin dgn Navigation Drawer)
        kl bs tlg dshare. thx alot.

  3. mas mkhuda, saya mau tanya. kalo yang diambil seluruh post terus ada pagingnya solusinya seperti apa mas? terima kasih mas

  4. alhamdulillah jalan pak.
    tapi saya punya masalah pak pagenya hanya bisa ngeload rss kalo jadi index. jadi itu kalo jadi sub menu ga jalan di aplikasi mobile pak. mungkin ada pencerahan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.