Memasang Plugin Phonegap MDS Applaud di Eclipse

MDS (Mobile Developer Solutions) merupakan sebuah plugin untuk Eclipse yang membantu dan menjembatani seorang pengembang web untuk mendevelop aplikasi mobile menggunakan framework Phonegap dengan keterampilan yang developer web miliki.

MDS Applaud memanfaatkan Android Development Tools dan PhoneGap untuk menyediakan sebuah IDE yang sangat komprehensif ditujukan untuk pengembangan aplikasi Android menggunakan yang menggunakan aplikasi Eclipse. Berikut adalah beberapa fitur dan keunggulan MDS Applaud :

  • Mendukung proyek untuk Javascript, HTML5 dan file CSS.
  • Memperluas area web development menggunakan Eclipse
  • MDS AppLaud merupakan plugin yang memiliki Eclipse JSDT (Javascript Development Tools)
  • Terintegrasi dengan area kerja (framework) seperti jQuery Mobile dan Sencha Touch
  • Mempunyai kemampuan untuk mem-build aplikasi secara otomatis, dengan kemudahan target dan juga mempunyai lingkungan emulator
  • Dapat dipakai juga untuk membangun aplikasi berbasis Java (Single-environtment hybrid development).

Untuk melakukan instalasi MDS AppLaud, kita dapat mengikuti tutorial di https://sites.google.com/site/mobiledevelopersolutions/home/start yang merupakan situs resmi MDS AppLaud. Hasil akhir setelah MDS AppLaud terpasang di Eclipse adalah tampilnya icon MDS AppLaud di bagian menu Eclipse.

Instalasi MDS Applaud ini merupakan bagian terpenting pada saat kita ingin membangun area kerja Phonegap dengan menggunakan Eclipse. Oleh karena itu, penulis sudah menyiapkan tutorial berbentuk video di bawah ini:

Berikut adalah catatan penting name field dan location yang harus diisikan pada Add repository saat melakukan instalasi Phonegap MDS Applaud tersebut.

Name field : MDS AppLaud 1.2

Location : http://svn.codespot.com/a/eclipselabs.org/mobile-web-development-with-phonegap/tags/r1.2/download

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

13 thoughts on “Memasang Plugin Phonegap MDS Applaud di Eclipse

    1. Iya bener, applaud akan otomatis membuild file-file pendukung phonegap di dalam direktori assets/www dan folder lain seperti manifest, maupun activity.
      kita tinggal enaknya ajaa kok

    1. Bisa saja, yang penting download phonegap terbarunya, terus ntar waktu buat app nya browse folder phonegap terbaru tadi, selesai deh 🙂

  1. Mas, ini kan otomatis di set ke android projectnya, sementara saya mau develope untuk blackberry, gimana caranya ya? mohon pencerahan mas

  2. Asli, blog ini keren banget.. Tutorialnya gak setengah-setengah.. Makasih mas, saya mau coba ubek2 blognya dan langsung praktek.

    1. mas taufik mending menggunakan langsung instalasi phonegap by scratch.. karna mds applaud belum mendukung phonegap versi terbaru. imbasnya performa aplikasi tidak akan maksimal

  3. kak,, install MDS APPlaudnya lama ya? kok aku installanya lama banget? muter-muter di org.mozila.javascript …….. :'(

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.