Tutorial Pembuatan Aplikasi Android Berbasis Phonegap

PhoneGap Logo PhoneGap[/caption]

Android merupakan platform mobile yang terbukti kepopulerannya di masyarakat. Di market Google Play saja, aplikasi berbasis platform Android terhitung sudah mencapai ratusan ribu. Diantara berbagai aplikasi di Google Play tersebut, banyak sekali model atau konsep-konsep yang menarik bagi pemakai platform besutan Google ini.

Bagi seorang developer yang ingin terjun ke arena pembuatan aplikasi Android, sebenarnya sudah banyak sekali sumber-sumber di internet maupun buku yang menjelaskan secara detail. Saya akan mencoba menerangkan beberapa fase dan step pembuatan aplikasi Android berbasis Phonegap dan kombinasi native yang sudah saya publish pada postingan terdahulu.

Saya juga akan mencoba merekap secara urut agar pembaca yang ingin belajar untuk melakukan develop aplikasi Android baik itu untuk native (java) maupun Phonegap. Berikut adalah beberapa tutorial yang dapat pembaca simak dan ikuti dari awal.

nomor 1Pengenalan HTML5

Di dalam artikel yang saya tulis tersebut, saya telah menjelaskan dan mengenalkan beberapa framework maupun tools yang dapat pengguna pakai untuk pembuatan aplikasi Android. Pada intinya, artikel tersebut saya maksudkan untuk lebih mengenalkan pembuatan aplikasi Android dan tools yang dapat dipakai tentunya dengan bahasa pemrograman HTML5 yang sudah populer.

nomor 2HTML5 dan Phonegap

Jika pembaca mungkin sudah mengetahui beberapa tools untuk development, selanjutnya Anda dapat membaca artikel saya yang berjudul HTML5 dan Phonegap. Dimaksudkan untuk lebih mengenal development aplikasi berbasis Phonegap.

number 3Membangun Area Kerja HTML5 Untuk Aplikasi Mobile

Nah, pada artikel tersebut saya mencoba memberikan beberapa gambaran tutrorial mengenai hal-hal apa saja yang harus pembaca persiapkan untuk memulai pembangunan area kerja Phonegap di komputer. Mulai dari Instalasi Java, Instalasi Android SDK dan Instalasi Eclipse IDE.

nomor 4Instalasi ADT

Dalam tutorial instalasi ADT, saya mencoba menjelaskan secara teknis langkah-langkah untuk pemasangan Android Development Tools di komputer. Perlu diketahui juga bahwa ADT merupakanĀ Plugins yang digunakan agar Eclipse dapat mengkompilasi dan mengetes project berbasis Android.

number 5Memasang Plugin MDS Applaud di Eclipse

MDS Applaud merupakan plugin untuk Eclipse yang dapat dipakai untuk pembuatan aplikasi Phonegap secara lebih sederhana dan mudah. Tutorial ini menjelaskan mengenai cara instalasi plugin MDS untuk dipasang pada Eclipse IDE kita.

number 6Membuat Project Android Menggunakan MDS Applaud

Setelah melakukan instalasi Plugin MDS Applaud. Pembaca dapat mengikuti dan membaca tutorial ini, yang menjelaskan tata cara pembuatan project dan konfigurasi project aplikasi Android yang akan kita buat.

number 7Konfigurasi USB Debugging Samsung Galaxy dengan Eclipse

Selanjutnya, Anda bisa mengikuti tutorial konfigurasi USB debugging untuk perangkat Samsung Galaxy agar terdeteksi sebagai device debugging untuk Eclipse (jika menggunakan Samsung Galaxy).

number 8Tutorial Pembuatan Aplikasi

Nah, setelah pembaca memahami dan mengikuti tutorial-tutorial yang sudah saya rangkum di atas. Pembaca dapat langsung memulai pembuatan project aplikasi Android berbasis Phonegap. Berikut adalah beberapa tutorial pembuatan aplikasi yang dapat Anda ikuti :

Untuk lebih membantu Anda mengembangkan pembangunan aplikasi Android berbasis Phonegap, saya juga menyarankan untuk sering-sering berkunjung dan membaca dokumentasi resmi Phonegap di docs.phonegap.com.

dan untuk lebih meningkatkan pengetahuan mengenai dokumentasi native Android, Anda dapat mengunjungi developer.android.com. Semoga membantu !

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

13 thoughts on “Tutorial Pembuatan Aplikasi Android Berbasis Phonegap

  1. cara menampilkan dan mengirim data ke webhosting dengan aplikasi html android phonegap bagaimana bang?

    request tutorialnya dong

  2. Sayangnya tutorialnya masih terpaku dengan eclipse, ditunggu artikel untuk prosedur setup phonegap di netbeans, min.

  3. Mas, kalau script kondisi pencarian di dalam data placeholder gmna ya ? Kalau data placeholder saya hilangkan widget pencarian juga ikut hilang..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.