Kombinasi Amarino, Arduino dan Phonegap Untuk Dunia Robotik

Dunia robotik semakin menarik untuk dipelajari. Implementasinya di masa depan sangatlah diharapkan sebagai faktor penopang kebutuhan manusia. Barang-barang yang kita gunakan sehari-hari sebagian dihasilkan melalui tangan-tangan sistematis robot. Di negara Jepang maupun negara industri maju mayoritas pekerja di pabrik bukanlah manusia, melainkan robot. Topik hangat mengenai robot ini akan coba penulis bahas secara sederhana. Terkait dengan Android dan Phonegap, maka di sini penulis akan membahas implementasi kombinasi library Amarino bersama Phonegap application dan Arduino.

PhoneGap Logo

PhoneGap

Orang-orang yang berkecimpung di dunia robotik saat ini pasti sudah mengenal single-board (papan tunggal) mikrokontroler tangguh bernama Arduino. Arduino juga sering disangkutpautkan dengan smartphone platform Android. Pada beberapa eksperimen robotik, device dengan platform Android dipakai untuk mengakses gadget lain yang telah ditanam Arduino. Namun, siapa sangka jika saat ini Arduino dapat diakses melalui aplikasi Android berbasis web apps?

Sekarang ini developer dapat mempraktikannya melalui implementasi Amarino Library (amarino-tookit.net) yang dikombinasikan dengan project HTML5 berbasis Phonegap menggunakan bantuan library Node.js atau lainnya. Perlu diketahui bahwa Amarino merupakan Bluetooth library yang dapat dipergunakan untuk mengakses Arduino. Jadi apa yang kita perlukan untuk mempelajari ini ?

Gambaran dasar praktik kombinasi antara Amarino dan Phonegap sebenarnya tidak terlalu rumit. Pembaca bisa melihat gambar di bawah ini :

Implementasi Android Amarino Phonegap

Implementasi Android Amarino Phonegap

  • Pertama developer membuat aplikasi web. Di dalam web app tersebut akan menghasilkan Callback-id (identitas variabel) menuju aplikasi Phonegap
  • Dari Phonegap Callback-id tersebut kemudian diteruskan menuju Arduino melalui Bluetooth Socket dengan memanfaatkan Amarino.
  • Arduino menerima data dari Bluetooth akan mengembalikan hasilnya menuju web aplikasi Phonegap.
  • Device arduino akan bereaksi secara otomatis setelah menerima variabel dari aplikasi yang dibuat

Perlu diketahui bahwa proses di atas memanfaatkan Phonegap Framework. Artinya seorang developer web pun dapat melakukan implementasi sederhana dengan Amarino. Tapi akan lebih baik jika kita juga mendiskusikan project ini dengan orang yang telah berkecimpung di dunia robotik. Untuk informasi lebih lanjut, pembaca bisa menemukan slide presentasi mengenai Amarino Meets Phonegap di sini.

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.