Wikipedia Mobile Dibuat Menggunakan HTML5 Phonegap

Wikipedia MobileTidak perlu ragu jika pembaca ingin belajar dan membuat aplikasi mobile berbasis Phonegap. Wikipedia sebagai kiblat utama ensiklopedia online juga menggunakan Phonegap untuk versi aplikasi mobile mereka. Dengan menghubungkan dan mengintegrasikan jutaan database online-nya, Wikipedia sekarang dapat dinikmati oleh pengguna platform Android, iOS, Windows Phone dan Blackberry.

Phonegap dengan kelebihan cross platform development, dipercaya oleh developer Wikipedia untuk pembuatan versi mobile Ensiklopedia ini. Wikipedia Mobile dicompile menggunakan arsitektur Cloud Phonegap bernama Phonegap Build, yang memungkinkan pembuatan paket aplikasi untuk beberapa platform dalam satu waktu.

Lebih dari 10 juta pengguna Android sudah memasang aplikasi Wikipedia ini pada smartphone mereka. Penulis pernah menguji Wikipedia Mobile dan benar-benar merasakan aroma mobile web apps ensiklopedia ini. Beberapa fitur yang tersemat di aplikasi ini adalah sebagai berikut :

  • Memungkinkan penyimpanan artikel yang dibaca secara offline,
  • Berbagi artikel ke media social,
  • Dukungan 280 bahasa internasional,
  • Terhubung dengan database Wikipedia Online dengan total lebih dari 20 juta artikel

Pembaca dapat mengunjungi dan mengecek pengembangan Wikipedia mobile ini di situs resmi mereka meta.wikimedia.org. Karena berbasis open source, kita pun dapat melihat source code Wikipedia Mobile di Github.

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.