Mengoptimalkan Inkscape Untuk Desainer Pemula

Optimalisasi Inkscape Anda

Inkscape

Gratis, open source dan komunitasnya sudah bertebaran di seluruh dunia, Inkscape. Software untuk para desainer 2 dimensi ini memang sudah layak menyandang gelar Best Software for Designer. Enteng dan banyak tools tersedia di dalamnya, selain itu juga plug-in untuk manipulasi gambar dapat kita install untuk memperkaya fitur Inkscape.

Beranjak dari sebuah software gratis. Bagi para desainer tingkat master maupun pemula tentunya sudah mengenal aplikasi lain yang berbayar dan memiliki banyak tools di dalam satu paket. Inkscape pun sebenarnya mampu menyaingi aplikasi berbayar tersebut dengan syarat pertama kita memang harus terbiasa pada area kerja, shortcut keyboard, dan klik mouse object. Tidak sulit !

Syarat kedua adalah mengoptimalisasi dengan melakukan beberapa perubahan di sisi tampilan, fitur dan performa. Berikut adalah point-point yang bisa kita coba untuk mengoptimalkan Inkscape pada penggunaan sehari-hari.

Memperkecil Icon Toolbox dan Toolbar

inkscape logoAwal mula setelah kita menginstal Inkscape pada sistem operasi, tampilan yang terlihat adalah icon pada toolbox maupun toolbar sangat besar dan memakan banyak tempat. Hal ini tentunya cukup mengganggu ketika kita menggunakan Inkscape pada komputer yang mempunyai resolusi monitor kecil sekelas VGA. Untuk meminimalkan tampilan agar lebih praktis dan terlihat kompak, kita bisa memperkecil ukuran icon toolbox / toolbar dengan cara :

  • Klik menu File -> Inkscape Preference
  • Setelah masuk ke jendela Inkscape Preference, carilah Interface pada bagian menu,
  • Kemudian ubah drop down list pada Toolbox icon size, Control bar icon size, dan Secondary toolbar icon size menjadi “Smaller“. Lihat gambar :
Inkscape Interface Preference

Ubah Menjadi Smaller

  • Close windows Inkscape Preference dan restart aplikasi Inkscape Anda. Maka icon-icon pada toolbox maupun toolbar akan terlihat lebih kecil dan nyaman tentunya. Atau sebelumnya kita pun bisa mengubah Language Interface ke Bahasa Indonesia, jika lebih menyukai sistem dengan bahasa lokal kita. Untuk mengaktifkan bahasa, kita harus merestart komputer terlebih dahulu.

Resize page to content

inkscape logoBesar area default dokumen pada Inkscape adalah berukuran A4. Hal ini tentunya akan cukup merepotkan ketika kita mempunyai gambar yang berukuran lebih kecil atau lebih besar pada area dokumen Inkscape. Misalnya kita mempunyai gambar dengan ukuran 2400 x 6200 pixel, maka kita tidak perlu melakukan set dengan mengetikkan ukuran tersebut pada Custom Size Document Properties. Anda bisa dengan mudah melakukan resize dengan cara :

  • Terlebih dahulu aktifkan gambar yang ingin kita sinkronkan secara otomatis terhadap dokumen,
  • Klik menu File -> Document Properties
  • Pada bagian Costum Size, klik Resize Page To Content, maka akan tampil seperti gambar di bawah ini:
Klik Resize Page To Drawing Or Selection

Klik Resize Page To Drawing Or Selection

  • Tinggal klik saja Resize page to drawing or selection, tutup jendela Document Properties. Sekarang ukuran area kerja otomatis menyesuaikan dengan ukuran gambar.

Sekian tips dan trik Inksape dari saya, pada posting selanjutnya saya akan memaparkan beberapa tips lagi yang lebih bermanfaat bagi Inkscaper’s mania. Selamat berkreasi ! 🙂

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.