Membuat Icon Aplikasi Android Dengan Inkscape

Android dan Inkscape

Android dan Inkscape

Sebuah ikon pada aplikasi Android merupakan representasi agar pengguna sistem dapat membedakan antara aplikasi yang satu dengan lain. Untuk membangun aplikasi Android, para developer disarankan untuk mengacu pada guidelines (pedoman) dasar pembangunan aplikasi terutama permasalahan desain icon.

Jika pembaca merupakan pemakai aplikasi open source, membuat icon aplikasi dapat dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi desain Inkscape. Dalam pembuatan ikon ini, penulis akan berfokus pada ukuran pixel yang sesuai dengan pedoman Android Developer. Mengacu pada resolusi standar Android, maka resolusi ikon Android dibagi menjadi 4 bagian, diantaranya :

  1. ldpi (low dots per inch) berukuran 36 x 36 pixel
  2. mdpi (medium dots per inch) berukuran 48 x 48 pixel
  3. hdpi (high dots per inch) berukuran 72 x 72 pixel
  4. xhdpi (extra high dots per inch) berukuran 96 x 96 pixel

Masing-masing jenis resolusi dpi diatas harus dibuat secara benar, agar ikon dapat tampil secara presisi pada perangkat dengan resolusi yang berbeda-beda. Anda dapat mendownload source terlebih dahulu untuk dipelajari.

Download Source Inkscape

Tutorial

1Buka Inkscape, dan buatlah 4 kotak rectangle dengan ukuran berbeda-beda sesuai dengan resolusi ldpi, mdpi, hdpi, dan xhdpi. Agar terlihat rapi sejajarkan dari ukuran paling kecil hingga besar. Atau jika perlu dibawah kotak rectangle bisa kita beri nama resolusi dan besarannya agar memudahkan saat dipakai ulang.

buat 4 kotak rectangle

buat 4 kotak rectangle

2Untuk mengatur ukuran sesuai resolusi seperti diatas, kita dapat mengeset masing-masing kotak rectangle melalui input Height dan Width yang terletak di bar Tools Control Box. Set W H on Tools Control Box

3Langkah selanjutnya, siapkan gambar atau logo aplikasi Anda yang sebelumnya telah dibuat. Dalam tutorial ini, misalnya saya mempunyai logo Android berwarna putih. Lalu menaruhnya di masing-masing kotak rectangle dan menyesuaikan ukuran logo pada kotak. Usahakan jangan sampai melebihi kotak biru tersebut.

Taruh logo ke kotak

Taruh logo ke kotak

4Jika sudah seperti gambar di atas. Di windows explorer buatlah 4 buah folder yang masing-masing diberi nama ldpi, mdpi, hdpi dan xhdpi. Pembuatan folder ini berguna untuk menyimpan hasil ekspor icon sesuai resolusi.

Buat 4 folder

Buat 4 folder

5Nah, pada langkah Export ini klik satu kotak rectangle terlebih dahulu, misalnya yang paling kecil (ldpi). Setelah aktif, pilih File -> Export Bitmap. Pada jendela dibawah, pastikan Export Area yang aktif adalah Selection. Arahkan pada folder ldpi, kemudian klik Export. Ulangi langkah yang sama pada masing-masing kotak rectangle dan arahkan juga pada folder tujuan.

Aktifkan Selection, dan Beri nama

Aktifkan Selection, dan Beri nama ic_launcher

Hasil export, semuanya harus diberi nama ic_launcher untuk kemudian kita copy-paste ke folder project Android pada Eclipse IDE. Terima kasih, selamat mencoba !

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

One thought on “Membuat Icon Aplikasi Android Dengan Inkscape

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.