Frontend Framework Yang Digunakan Startup Teknologi Indonesia (Tahun 2021)

Terkadang memperbincangkan sebuah Startup tidak lepas dari pembahasan solusi teknikal yang dipakai untuk implementasi produk mereka. Karena startup teknologi memiliki salah satu titik tumpu pada perkembangan teknologi, pastinya penggiat Startup memiliki visi kedepan dalam hal implementasi framework yang akan dipakai. Terutama disisi front end framework (framework antarmuka).

Lantas jika kita berfokus pada salah satu sisi teknikal yang mereka gunakan untuk mengembangkan antar muka utama aplikasi maupun website, kita akan menemukan beberapa framework populer yang dipakai mereka.

Mari kita coba listing, beberapa Startup besar di Indonesia dan Front end Framework yang mereka gunakan:

Ruangguru

(ReactJS, NextJS, ReasonReact)

Perusahaan edukasi terbesar di Indonesia (bahkan Asia Tenggara) ini, sudah cukup lama menggunakan framerwork React JS di sisi frontend. Secara detail, beberapa bagian juga menggunakan NextJS yang juga memiliki basis React.

Ruangguru, ReactJS, ReasonML
Ruangguru, ReasonReact (ReasonML)

Bahkan Ruangguru merupakan salah satu Startup di Indonesia yang menggunakan ReasonReact (ReasonML – ReactJS) pada beberapa produknya.

Tokopedia

(ReactJS, Svelte)

Perusahaan E-commerce terbesar di Indonesia ini, (dari info yang saya dapatkan) menggunakan React sebagai Framework utama. Sedangkan dari sumber lain yang saya dapatkan, Tokopedia juga menggunakan SvelteJS.

Gojek

(ReactJS, Svelte?)

Startup ride sharing terbesar di Indonesia ini juga menggunakan ReactJS sebagai amunisi utamanya. Bersumber dari artikel engineering blog Gojek yang saya dapatkan disini https://www.gojek.io/blog/eslint-prettier-for-a-consistent-react-codebase.

Dari situs svelte.dev, logo Gojek juga nangkring di bagian Who's using Svelte

Bukalapak

(VueJS, ReactJS)

Bersumber dari Wappalyzer (ekstensi Google Chrome), Bukalapak sepertinya merupakan pengguna setia framework Vue JS. Meskipun dari beberapa sumber menyebutkan, mereka juga menggunakan ReactJS.

Traveloka

(ReactJS, NextJS)

Startup berstatus Unicorn yang berfokus di pemesanan tiket pesawat dan hotel ini juga cukup lama menggunakan ReactJS untuk frontend Framework mereka.

Bahkan dari laman Github resmi Traveloka mereka juga mengembangkan framework turunan NextJS yang dinamai dengan Soya-Next. Anda bisa membacanya disini https://github.com/traveloka/soya-next


Sekian informasi yang dapat saya berikan mengenai teknologi frontend yang dipakai oleh beberapa startup besar di Indonesia. Semoga dapat menjadi acuan bagi kalian yang ingin berkarir disalah satu startup tersebut. 🙂

Disclaimer:

Jika ada kekeliruan dalam penulisan atau informasi yang saya sampaikan, silahkan kirim komentar dibawah. Terima kasih. 🙂

 

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.