Sebelum Komplain Ke Operator, Cek Dulu Pakai Aplikasi Ini

Kecepatan internet yang lambat bin letoy merupakan ganjalan besar bagi sebagian orang untuk mengakses informasi di dunia maya. Sebaliknya, dengan kecepatan internet yang cepat dan stabil merupakan sebuah surga dan angin segar bagi para netizen.

Suatu saat, jika kita merasa kecepatan internet terutama mobile broadband kita mengalami kendala, ada baiknya kita perlu melihat kondisi ketersediaan jaringan di sekitar daerah tersebut. Selain itu, melaporkan ke operator provider adalah hal yang pasti.

Sebelum meracau dan komplain ke pihak operator, sebenarnya kita bisa menggunakan third party app (aplikasi pihak ketiga) yang saat ini tersedia banyak di mobile app store untuk mengetahui kondisi-kondisi tersebut. Salah satunya untuk uji coba pengecekan kondisi kekuatan sinyal mobile.

Berikut adalah dua aplikasi yang bisa anda coba:

OpenSignal

Platform: Android, iPhone
Fitur Utama: Speed Test, Map Coverage, Cell Tower Compas

Perusahaan Pembuat: OpenSignal

Salah satu aplikasi terbaik yang sudah pernah saya jajal adalah OpenSignal. Ada 2 fitur penting yang bisa kita pakai untuk menguji sejauh mana kondisi internet kita, yakni Speed Test dan Map Coverage.

Speed Test, merupakan fitur basic di Open Signal untuk menguji sejauh mana kecepatan download/upload. 

Sedangkan Map Coverage merupakan fitur paling menarik dan sering saya pakai jika berkunjung di daerah tertentu dan ingin mengetahui sikon internet di daerah tersebut. Map Coverage akan menampilkan halaman radar peta dengan kondisi status coverage dari warna hijau hingga merah.

Jaringan Internet Yogyakarta pada OpenSignal

Semakin banyak warna hijau di sekitar atau posisi kita tepat berada, dapat dipastikan kondisi sinyal harusnya cukup bagus. Pengecualian jika berada di dalam gedung tertutup atau indoor.

Sebaliknya, semakin merah atau bahkan tanpa tertutupi coverage status (hanya warna putih transparan), maka daerah tersebut mungkin memiliki sinyal yang kurang bagus untuk broadband internet.

Network Cell Info

Platform: Android
Fitur Utama: Network Gauge, Map, Detailed Raw Cell Info

Perusahaan Pembuat: M2Catalyst

Aplikasi bernama Network Cell Info ini merupakan salah satu aplikasi cek sinyal yang menyuguhkan data lengkap didalamnya.

Fitur yang cukup keren dan menjadi fitur kunci dari aplikasi ini adalah Realtime Signal Gauge, dimana kita bisa mengetahui kekuatan sinyal pada operator secara realtime yang disuguhkan dengan tampilan layaknya odometer pada kendaraan.

Gauge pada Network Cell Info Lite

Bahkan yang lebih menariknya lagi dari fitur Realtime Signal Gauge ini adalah jika dalam device smartphone kita tertancap dua provider yang berbeda, semisal provider Telkomsel dan Indosat. Maka meter gauge akan menampilkan info realtime pada dua operator tersebut secara bersamaan. Dalam arti kata, kita bisa dengan mudah dan detail melihat langsung komparasi info jaringan antara satu operator dengan operator lain.

Di Android store, versi gratis aplikasi ini bernama Network Cell Info Lite, dan menurut saya sudah sangat mumpuni untuk sekedar mengetahui kondisi kekuatan jaringan operator.


Sebagai penutup, hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan aplikasi pemantau kekuatan jaringan internet adalah mereka akan mengumpulkan data atau info jaringan secara detail pada perangkat Anda dan kemudian disimpan untuk kemudian diolah secara statistik oleh perusahaan terkait. Hasil olahan data tersebut biasanya dipakai oleh provider/operator internet masing-masing untuk meningkatkan pelayanan internet.

 

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.