Membuat Animasi Loading Dengan GIMP dan Inkscape

Gimp dan Inkscape menurut saya adalah dua aplikasi gratis nan open source yang sangat powerfull dan usefull untuk para desainer. Dua aplikasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, baik editing gambar, vectoring, pewarnaan bahkan animasi sederhana.

Animasi Gimp dan Inkscape

Animasi Gimp dan Inkscape

Dalam tutorial kali ini, saya akan mengkolaborasikan aplikasi Gimp dan Inkscape untuk membuat sebuah animasi loading yang sederhana. Hasil dari animasi ini nantinya dapat Anda gunakan misalnya untuk memaksimalkan loading website dengan fasilitas Ajax ketika meload halaman tanpa perlu kita refresh.

Persiapan

Karena Gimp dan Inkscape dapat berjalan di berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux maupun Mac. Maka tutorial ini dapat Anda ikuti sesuai sistem operasi yang Anda pakai.

Pertama, yang harus Anda persiapkan pastinya adalah dua aplikasi ini dapat berjalan dengan baik di sistem Anda.

Inkscape Rock

Kedua, buka Inkscape Anda ! dan buat 3 kotak rectangle seperti gambar di bawah ini. Jangan lupa sesuaikan juga tinggi rendahnya ukuran halaman gambar dengan pas.

Buat 3 Rectangle dengan Inkscape

Buat 3 Rectangle dengan Inkscape

Ketiga, ekspor gambar tersebut menjadi file dan beri nama loadingku1.png

Simpan gambar loadingku

Simpan gambar loadingku

Keempat, Warnai kotak rectangle pertama dengan warna hitam atau sesuai selera Anda. Ekspor kembali menjadidengan nama loadingku2.png

warnai rectangle 1 2 3

warnai rectangle 1 2 3

Lakukanlah pewarnaan yang sama untuk kotak rectangle 2 dan 3. Dan beri nama file menjadi loadingku3.png untuk pewarnaan rectangle 2 dan loadingku4.png untuk pewarnaan kotak rectangle terakhir.

Akhirnya, 4 elemen gambar loading Anda telah kita buat. 4 gambar tersebut mempunyai identitas nama file yang urut dan pewarnaan blok hitam secara konsisten.

Gimp Rock

4 Elemen gambar telah Anda buat. Selanjutnya drag satu persatu gambar tersebut ke area layer Gimp dan sesuaikan seperti screenshot di bawah ini.

Masukkan gambar ke layer gimp secara urut

Masukkan gambar ke layer gimp secara urut

Setelah semua layer terbentuk. Lalu simpan gambar ‘Save As‘ dengan format .gif. Dalam tutorial ini, saya memberi nama menjadi ‘loadingku.gif‘. Lalu klik Save

Pada kotak dialog setelah kita mengklik Save, centangi pilihan ‘Save as Animation‘, lalu klik Export.

Gimp save as animation

Gimp save as animation

Selanjutnya akan tampil kotak dialog Option, dimana kita akan mengatur comment (optional), looping, dan kecepatan animasi atau delay. Isikan seperti gambar di bawah ini:

Gimp export option

Gimp export option

Anda juga dapat mengubah-ubah bagian delay milisecond untuk mendapatkan kecepatan loading animasi yang pas.

Finally

Setelah semua step di atas Anda ikuti. Coba buka file ‘loadingku.gif’ yang telah Anda simpan tadi. Dan hasilnya adalah seperti berikut:

loadingku

 

Begitu menarik, mudah dan sederhana bukan?

Anda juga dapat mengimplementasikan tutorial ini untuk membuat animasi-animasi gif sederhana maupun kompleks yang sesuai keinginan. Semoga step tutorial di atas dapat membantu Anda untuk berkreasi dengan software gratis.

Selamat beranimasi !

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

One thought on “Membuat Animasi Loading Dengan GIMP dan Inkscape

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.