Programer Trending Indonesia 2020 – Backend Engineer (I)

Halo semua, lama tak berjumpa.

Mari kita refresh dengan tulisan berseri ringan yang telah saya rangkum beberapa waktu belakangan ini mengenai Programmer Trending di Tahun 2020. Tentu saja masih dalam kaitan tren di dunia pemrograman, software engineering beserta para ‘kolega’nya.

Konteks rangkuman saya ini hanya berdasarkan sedikit penelusuran di negara kita, Indonesia. Tidak perlu jauh-jauh menulis trending software engineer secara global/dunia, karena artikel di berbagai blog populer sudah sangat banyak yang bisa pembaca nikmati.

Sumber yang saya ambil pada artikel ini berasal dari penelusuran penyedia kursus bidang pemrograman, situs lowongan kerja, diskusi publik, hingga diskusi bersama teman sejawat & seperjuangan. Alright! Mari kita mulai dari trending seri pertama, yakni:

Backend Engineer

Perkiraan 5 – 10 tahun silam, sepengamatan saya. Backend Engineer bukanlah sebuah profesi yang dikhususkan oleh perusahaan-perusahaan di negara kita. Mereka (para pencari kerja) lebih mencari kandidat dengan proyeksi keahlian Fullstack atau serba bisa.

backend engineer.
The Mystery of Backend Engineer.
[Sumber: Cloudflare Baas Serverless]

Beberapa tahun ini, dengan kondisi teknologi yang semakin kompleks dan bervariasi. Perusahaan terutama yang bergerak di bidang teknologi maupun Startup telah membagi fokus bagi para engineer mereka. Bukan tidak lain, Backend Engineer merupakan salah satu fokus dari perusahaan IT yang ada di negara kita saat ini.

Sebelum melangkah lebih jauh mengenai Backend Engineer atau BE atau programer ‘bagian dalam’. Kita perlu tahu, apa saja role-role yang dimainkan oleh BE ini. Secara umum seperti ini:

  • BE memegang peranan penting sistem yang berhubungan langsung dengan data (database)
  • BE merajut konektifitas-hubungan antar sistem satu dengan yang lain.
  • BE menjadi tulang punggung optimasi dan performa sebuah sistem.
  • BE bekerja dibalik layar kaca yang sangat besar sekali, berkaitan dengan sistem yang dinikmati oleh User.

Beberapa poin diatas adalah poin abstrak yang masih bisa kita ‘bredel’ menjadi banyak sekali role pekerjaan. Namun untuk saat ini belum bisa saya tuliskan, karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman.

Baik, kembali lagi.

Kenapa Backend Engineer menjadi sangat populer saat ini? Jawabannya adalah ada pada poin-poin diatas sebenarnya. Tugas dari BE ini sangatlah tidak mudah menurut hemat saya, jika kita memahami secara betul kompleksitas sebuah sistem yang dibuat.

Dengan arti kata lain, mencuplik dari poin keempat role BE diatas. Dimana mereka bekerja dibalik layar, dan memegang peranan penting dari berjalannya sebuah sistem. Entah itu komputasi web atau cloud, AI, bahkan IoT (Internet Of Things).

Sedikit intermezo dari tulisan ini, jika kalian yang membaca artikel ini dan mempunyai sejawat berprofesi khusus sebagai Backend Engineer. Silahkan bertanya apa saja yang menjadi problematika dari pekerjaan mereka. Saya bisa menebak, salah satunya akan berkaitan dengan beberapa point bullet diatas. 😀

Bagaimana Cara Menjadi Backend Engineer?

Kalau ada yang bertanya, bagaimana cara kita ber-metamorfosa atau bahkan beralih profesi menjadi seorang Backend Engineer?

Tidak ada kurikulum atau jenjang yang pasti untuk menjadi seorang Backend Engineer. Karena belajar, berlatih, berdiskusi, mencoba, gagal, error, gagal lagi, buka Stackoverflow adalah rangkuman kurikulum untuk menjadi BE yang tangguh dan disegani oleh para manajer. 😀

Apakah pembaca merupakan seorang dengan lulusan terakhir SD/SMP/SMA/S1/S2/S3/S4/S5 dan seterusnya, itu tidaklah penting. Yang penting adalah sebuah tekad dan niat. Sama halnya dengan fokus karir-karir bidang engineer lain.

Kursus Backend Engineer telah menjamur di jagad internet, tidak ada salahnya pembaca menjajalnya. Meski di lain tempat banyak sumber gratis. Namun biasanya, kursus-kursus tersebut memiliki ramuan dan resep tersendiri dikhususkan untuk masing-masing siswa mereka. Ditemani oleh pengajar profesional di bidangnya.

Bagaimana Nasib Karir Backend Engineer di 2020?

Sangat cerah.

Ruangguru Backend Engineer
Ruangguru Backend Engineer Career Page
[Sumber: https://career.ruangguru.com/]

Kenapa? Merujuk kembali pada poin-poin role diatas. Banyak perusahaan IT di negara tercinta kita Indonesia yang masih membutuhkan Backend Engineer. Kesempatan kerja dan/atau lowongan Backend Engineer masih banyak berserakan di dunia maya, mencuplik dari berbagai penyedia situs lowongan kerja.

Mulai dari grade (kelas) junior Backend Engineer, hingga Super Senior Backend Engineer masih sangat terbuka lebar untuk kalian yang tertarik menjadi seorang BE.

Sebagai contoh, silahkan buka halaman karir di beberapa Startup terkemuka tanah air, seperti Gojek, Tokopedia, Traveloka, hingga Ruangguru. Pembaca pasti menemukan kesempatan menjadi Backend Engineer disana. Tidak menutup kemungkinan profesi pembaca sekarang.


Selamat belajar, selamat beraktivitas dan sampai jumpa di tulisan berikutnya. Jangan lupa jaga kesehatan.

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.