Server Gratis

Platform atau Framework untuk membangun website rata-rata semuanya adalah gratis.

Tidak percaya? Jika kalian programmer Android, maka Android Studio gratis didownload, bahkan kita tidak perlu membeli lisensi Java untuk membuat aplikasi native, cukup accept agreement. Jika kalian programmer web, maka PHP, Javascript, Ruby, Go, atau Python memiliki sekumpulan framework yang siap untuk kalian gunakan tanpa sepeserpun biaya, kecuali koneksi internet dan PC/Laptop.

Meskipun begitu, ada juga beberapa platform yang berlisensi tidak gratis.

Intermezo by Commitstrip

Intermezo by Commitstrip (The End of Expensive Era)

Lantas, misalkan kalian memerlukan hosting atau web server yang gratis pun, sekarang banyak tempat yang perlu kalian ketahui. Jangan sampai mainan web kalian hanya berjalan di komputer lokal, Karena? 😀 Komputer kalian bukanlah server yang sebenarnya. This is the real world, Man. 😀

Baiklah langsung saja, berikut adalah beberapa resep gratis untuk kalian yang ingin melakukan uji coba website kalian menggunakan real server, tanpa biaya sepeserpun.

Heroku

Heroku merupakan penyedia cloud computing berbasis PaaS (Platform as a Service). Telah teruji dan dipakai oleh berbagai developer web atau aplikasi dari penjuru planet, karena Heroku menyediakan One-Click PaaS yang cukup canggih. PaaS Heroku juga terintegrasi dengan banyak add-ons pihak ketiga jika pembaca membutuhkan konektivitas/fitur tambahan untuk pengembangan aplikasi.

Heroku Add-Ons

Heroku Add-Ons

Paket-paket PaaS Heroku dinamakan Dyno, dan yang cukup menarik disini adalah Heroku juga memiliki paket Dyno gratis, selain Dyno mereka yang berbayar.

Meski gratis, Dyno dari Heroku ini dapat kalian manfaatkan untuk melakukan deploying berbagai bahasa pemrograman web, mulai dari PHP, Ruby, NodeJS based app, Python dan lain sebagainya. Konektivitas database pun tersedia.

Namun, Dyno gratis Heroku ini memiliki limitasi aktivitas. Maksudnya adalah jika aplikasi web Anda tidak ada aktivitas sama sekali selama 30 menit, maka Dyno kalian akan ‘ditidurkan’ oleh Heroku dan dapat hidup kembali secara otomatis cukup dengan melakukan akses terhadap web kalian.

Zeit NOW

Jika kalian adalah programmer NodeJS dan koleganya (React, Angular, Vue, etc). Zeit sepertinya cocok karena kemudahannya. Sebelum itu, Zeit adalah Platform Cloud berbasis Docker yang menyediakan layanan service untuk memfasilitasi deploying web berbasis Node.

Zeit Now

Zeit Now

NodeJS identik dengan CLI, maka sistem deploy Zeit Now pun dapat dengan mudah diakses melalui CLI dengan hanya mengetik command `now` pada direktori projek NodeJS, aplikasi akan langsung meluncur ke dunia nyata.

Zeit Now memiliki service gratis dengan limitasi Bandwith sebesar 1GB, total instance maksimal 3 buah dan menggunakan domain .now.sh .

Hosting24

Nah, bagi kalian yang membutuhkan keleluasaan dalam hal deployment web berbasis PHP atau WordPress pada umumnya. Hosting24 sepertinya adalah pilihan yang tepat bagi kalian. Hosting ini memiliki layanan gratis yang terkenal bernama 000webhost. Fitur Cpanel lengkap, garansi Uptime 99.9%, dan tentunya gratis selamanya adalah keunggulan dari hosting gratis Hosting24.

Jika pembaca memiliki domain sendiri, hosting gratis ini juga dapat dipakai untuk website berbasis WordPress pembaca tanpa biaya service. Jika tidak memiliki domain, Hosting24 memiliki park domain yang juga tersedia secara gratis.

Kebutuhan peralatan seperti database MySQL, FTP maupun File Manager tentunya juga ada disana. Silahkan jika ingin mencoba.

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.