Sang Penemu (Behind the Scene)

Kira-kira pertengahan bulan November 2012,  di sebuah halaman perpustakaan besar salah satu kampus swasta di Kota Semarang (UNISSULA). Kami berempat (tidak bisa menyebutkan siapa saja orangnya-alias rahasia), sedang getol-getolnya belajar membangun sebuah aplikasi mobile. Kami belajar setiap hari minggu pagi kira-kira jam 10 hingga jam 2 siang. Meski hanya bertempat di sebuah “taman” kampus dan seadanya, tapi semangat kami untuk belajar sangatlah besar. Bukan hanya semangat untuk belajar, tapi semangat menyatukan visi untuk membuat sebuah media belajar yang efektif dan tepat guna.

Sang Penemu

Sang Penemu – Android App

Hampir sebulan lebih kami memulainya, memilih untuk belajar mobile application karna memang teknologi ini sedang menggaung di mana-mana. Android atau biasa kami menyebutnya Si Robot Ijo adalah salah satu target belajar kami. Jadi intinya, kami berkumpul memang untuk belajar bagaimana caranya membuat aplikasi Android. Waktu itu saya sudah mempunyai banyak sekali ide aplikasi Android. Dan salah satu aplikasi yang sudah sempat saya buat adalah Sang Penemu. Pada saat itu, Sang Penemu saya develop sendiri dan masih dalam masa-masa pengembangan desain maupun konten. 25% finish.

Lantas saya membeberkan ide Sang Penemu kepada 3 orang teman dan mendapat tanggapan yang positif. Kemudian kita menyatukan misi untuk fokus dan bekerja membuat Sang Penemu ini, sembari belajar tentunya. Setelah konten dan aplikasi jadi (Kira-kira akhir november), waktu itu Sang Penemu menurut kami memang ada beberapa kekurangan bahkan banyak sekali kekurangan. Tapi kami memberanikan diri untuk mempublish ke Google Play. Anda bisa melihat tampilan awal Sang Penemu itu seperti di bawah ini:

Tampilan Awal

Tampilan Awal

Dengan media apa kami dapat mengupload ke Google Play? Kebetulan pada waktu itu kami mendapatkan bantuan dari Pak Mustafa (dosen kami) untuk mengupload Sang Penemu ke Google Play. Sesuatu sekali pokoknya. Lantas saya upload ke Google Play ! Satu dua hari hanya puluhan orang yang mendownload. Perkiraan hanya 10-20 orang perhari yang mendownload. Saya tidak tinggal diam begitu saja untuk mempromosikan Sang Penemu, dengan memposting Sang Penemu ke beberapa Android Groups di Facebook walhasil perhari bisa mencapai 80-100 orang yang mendownload.

Sebuah prestasi yang bagi kami adalah sangat menggemberikan, karna pada bulan pertama semenjak di upload ke Google Play. Sang Penemu berhasil menembus 1000 lebih pendownload. Satu target kami untuk 1000 pengunduh telah tercapai. Saya pun tidak tinggal diam, karena ada beberapa bug program dan perbaikan tampilan saya sering mengupdate Sang Penemu hingga 5 kali hingga versi 1.0.5

Sang Penemu ver 1.0.5

Sang Penemu ver 1.0.5

1 bulan lebih Sang Penemu kami publikasikan di Google Play, dan traffic Sang Penemu sangat mencengangkan bagi kami. Hingga versi 1.0.5 sekarang ini atau 2 bulan semenjak upload, dan saat artikel ini saya tulis, Sang Penemu sudah mencapai total pendownload kurang lebih 9.400-an pengguna Android.

Terima kasih ! 🙂

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

One thought on “Sang Penemu (Behind the Scene)

  1. wah, makasih pak mkhuda atas artikel2nya yang bermanfaat, saya juga lagi belajar nih untuk buat aplikasi android, kl boleh, bisa gak saya minta sourcenya untuk aplikasi di atas untuk pembelajaran saya, kalo tidak bisa, aplikasi yang serupa dengan itu aja pak juga gpp.

    Makasih sebelumnya atas segala artikelnya yang bermanfaat, smg Allah membalas semuanya, amiiiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.