Aplikasi Investigasi Kehilangan Smartphone Android

android investigate team

Investigate Team

Kehilangan handphone atau smartphone sesungguhnya amat sangat menjengkelkan sekaligus menghebohkan pikiran. Apalagi smartphone Android yang notabene berisi akun-akun sosial media dan akun email Google. Memang sudah tidak jarang lagi kasus-kasus kehilangan smartphone terjadi, bahkan setiap orang yang pernah mengenggam teknologi pintar ini pernah mengalaminya walaupun sekali.

Wajar tidak wajar suatu kelalaian manusia memang tidak bisa disalahkan begitu saja, sebab kejadian seperti ini memang sudah takdir yang tak terhindarkan. Sebagai pengguna smartphone terutama Android, sebenarnya problematika seperti ini bisa kita minimalisir. Cara yang paling mudah adalah memasang aplikasi pendeteksi kehilangan ponsel. Di Google Play ada beberapa tools atau aplikasi pendeteksi yang dapat kita unduh secara gratis dan mudah pengelolaan. Namun yang akan saya bahas pada tulisan kali ini adalah aplikasi bernama AndroidLost.

Drop the problem with AndroidLost

AndroidLost dapat meminimalisir dan mendeteksi smartphone Android Anda ketika terjadi sesuatu, misalnya tertinggal di suatu tempat atau dicuri orang lain. Aplikasi yang sudah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna Android ini menawarkan banyak sekali fitur. Berikut adalah fitur penting yang terangkum pada aplikasi tersebut :

  • Remote control alarm (fitur yang memungkinkan alarm berbunyi menggunakan kontrol email atau sms)
  • View on map (fitur pendeteksian lokasi memanfaatkan garis lintang Google latitutude ponsel)
  • Lock the phone (fitur untuk mengunci smartphone dari pc desktop melalui email)
  • Wipe the phone (fitur untuk menghapus seluruh data pribadi di smartphone)
  • And many others.

Semua fitur yang terangkum di atas dapat kita akses dengan menggunakan website Androidlost. Syaratnya kita harus melakukan sinkronisasi akun google Anda dengan aplikasi ini. Caranya cukup mudah, dan penulis akan membahasnya untuk pembaca sekalian.

How its works !

nomor 1Langsung saja download dan pasang aplikasi ini di perangkat Android Anda melalui Google Play. Perlu diketahui aplikasi ini berukuran sangat kecil dibawah 200 kb atau tepatnya 187 kb. Kecil-kecil tapi cukup usefull untuk sebuah aplikasi investigasi Android.

nomor 2Setelah aplikasi terpasang di perangkat Anda. Silahkan arahkan web browser PC Anda ke Androidlost.com. Di website tersebut kita mengetahui berbagai fitur di Androidlost sekaligus dokumentasi cara pemakaian aplikasi ini. Jika Androidlost.com sudah terbuka, mari kita sinkronisasi akun Google kita dengan aplikasi ini. Di bagian pojok kanan atas terdapat short cut yang akan mengarahkan kita untuk login ke akun Google.

01 Sinkronisasi Akun Google Play

01 Sinkronisasi Akun Google Play

number 3Silahkan login ke akun Google yang dipakai sebagai akun utama di perangkat Android Anda. Androidlost akan meminta izin permission untuk mengakses fitur-fitur asli perangkat. Izinkan permission tersebut, dan AndroidLost siap kita jajal fitur-fitur di dalamnya melalui pc desktop.

02 Izinkan Permission Google

02 Izinkan Permission Google

Perlu diketahui bahwa AndroidLost memang tidak terafiliasi dengan Google, namun kita tidak perlu khawatir karena sewaktu-waktu kita bisa melakukan drop akses dari AndroidLost melalui pengaturan akun Google kita. Selengkapnya bisa dilihat di sini.

nomor 4Kita bisa mengetahui akun Google yang telah sukses tersinkronisasi dengan AndroidLost melalui tampilnya alamat email kita di bagian atas website AndroidLost. Gambar di bawah menunjukkan bahwa akun kita telah terhubung dengan aplikasi tersebut.

03 akun terhubung

03 akun terhubung

number 5Sekarang menuju ke bagian menu, kita pilih Controls. Setelah masuk ke halaman Controls, kita bisa melakukan uji coba pengkontrolan perangkat melalui website AndroidLost. Di bagian menu tersebut juga terdapat menu konfigurasi seperti melihat status smartphone, setting naskah sms yang akan dikirimkan ke perangkat dan lain sebagainya.

04 Klik tombol alarm

04 Klik tombol alarm

number 6Mari kita coba untuk membunyikan alarm melalui kontrol website ini. Terlebih dahulu pastikan perangkat Anda telah terhubung ke internet. Masuk ke menu Basic, dan klik tombol Alarm di box Alarm Controls. Dan apa yang terjadi ? Bunyi alarm seperti ambulance akan terdengar di gadget kita.
number 7Kita bisa mengatur berapa lama maupun berapa kali alarm tersebut akan berbunyi melalui setting kontrol bagian menu Basic. Sekian dulu tutorial investigasi kehilangan smartphone  Android dari penulis. Untuk tutorial investigasi selanjutnya, penulis akan memaparkan bagaimana cara men-seting kontrol AndroidLost melalui sms, tentunya lebih berguna saat kita tidak di depan layar komputer.

Masih banyak fitur yang belum kita coba di AndroidLost, jadi nantikan saja tutorial selanjutnya. Sekian dan terima kasih.

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.