Quake II, Game 3D Yang Mengusung Teknologi HTML5

Teknologi HTML5 mempunyai masa depan yang sangat cerah. Terbukti sampai sekarang ini, HTML5 telah dipakai oleh penyedia layanan online kelas atas seperti Google, Yahoo, Facebook maupun Twitter. HTML5 menawarkan kombinasi kecanggihan antara API dan browser yang sudah mengusung teknologi hyper markup ini. Dengan API yang lengkap dan terus dikembangkan, HTML5 akan menjadi masa depan bagi dunia web, mobile, game 2D bahkan game 3D.

Quake II

Quake II

Bukti bahwa HTML5 telah merambah ke dunia Game 3D adalah munculnya Quake II. Quake II merupakan game yang dapat dimainkan melalui browser. Game ini dibuat menggunakan WebGL dan juga Canvas API. WebGL 3D Graphic menjadi engine utama untuk merender game Quake II pada browser-browser masa kini seperti Google Chrome dan Safari. Sedangkan Canvas API dipakai sebagai arena utama permainan yang tentunya menggunakan Javascript.

Berikut adalah fitur-fitur HTML5 yang dipakai untuk pengembangan game ini :

  • WebGL 3D Graphic
  • HTML5 Canvas Element
  • HTML5 WebSocket
  • HTML5 Audio Element
  • HTML5 Localstorage

Jika pembaca sedang berkecimpung di dunia pemrograman game berbasis HTML5, Anda bisa mengunduh source code Quake II melalui code.google.com. Pembaca pun dapat mengikuti perkembangan bagaimana Quake II dibuat. Quake II didukung sepenuhnya oleh para programmer Google.

Game yang bergenre First Person Shooter yang awalnya dikembangkan oleh Activision ini mendapat 20% perhatian pengembangan oleh para Googlers (programmer Google) untuk teknologi web browser masa depan. Anda bisa melihat demo video Game Quake II HTML5 ini melalui video diatas. Sebagai info Game ini mulai dikembangkan oleh Google pada tahun 2010 silam.

Pengembang juga menyarankan agar memakai Google Chrome atau Safari versi terbaru untuk memainkan Game 3D ini. Pastikan juga spesifikasi komputer Anda cukup mumpuni untuk merender WebGL. Silahkan mencoba Game ini melalui quake2-gwt-port.appspot.com.

Catatan kaki: Dunia Game 3D yang identik dengan pemrograman desktop sekarang mulai beralih dan perlahan-lahan merambah ke dunia web. Sebelumnya jika kita sudah mengenal Flash Game yang dapat dimainkan melalui browser, saat ini mulai muncul marak game-game 2 Dimensi yang diusung menggunakan HTML5 dan Javascript Programming.

Quake II
Game
5 / 5 stars
 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.