Mengecek Uptime Server Website Menggunakan Android

android logoMempunyai website sendiri tentunya membutuhkan beberapa pengelolaan yang tidak mudah. Cukup banyak yang harus kita lakukan mulai dari instalasi CMS jika ingin menggunakan CMS, konfigurasi database, dan yang paling penting juga adalah mengecek uptime server website kita. Untuk melakukan checking uptime maupun downtime server website, biasanya kita menggunakan aplikasi tertentu di desktop. Atau mungkin menggunakan penyedia layanan pihak ketiga.

Seiring maraknya penggunaan platform Android, sekarang kita bisa melakukan pengecekan server website secara mobile. Android menawarkan banyak sekali pilihan-pilihan aplikasi untuk produktifitas penggunanya. Terutama dalam hal memonitor website kita. Beberapa kelebihan jika kita menggunakan aplikasi monitoring website via aplikasi mobile adalah

  • Realtime dan up to date.

Kita bisa mengkonfigurasi interval waktu pengecekan pada website yang kita tuju.

  • Push notification, 

Rata-rata aplikasi pengecek uptime server mempunyai fasilitas push notification, yang akan memberitahukan status dan kondisi website kita. Apakah normal, atau mungkin sedang terjadi downtime.

  • Free,

Android memiliki segudang aplikasi yang dapat kita download secara gratis. Aplikasi uptime server pun demikian, cukup banyak tersedia di Google Play.

Jika pembaca ingin mengetahui aplikasi uptime server apa saja yang menjadi rekomendasi para webmaster. Inilah aplikasi yang dapat membantu Anda dalam hal maintenance website kita.

URL Maestro Lite

URL Maestro Lite

URL Maestro Lite

Merupakan aplikasi yang dapat memonitor website Anda secara real time. Aplikasi URL Maestro Lite hanya berukuran kita 400-an kilobyte, tapi fitur-fitur didalamnya cukup mumpuni dan tangguh. Kelebihan dari aplikasi ini adalah hanya membutuhkan konsumsi baterai sedikit dan tidak boros energi.

Setelah kita download aplikasi tersebut, masukkan url website yang ingin Anda cek. Kita tidak perlu melakukan registrasi via website. Karena secara langsung website otomatis ter-include ke dalam sistem URL Maestro Lite.

Pingdom

Pingdom

Pingdom

Pingdom dapat kita gunakan untuk memonitor website dan tipe servis-servis tertentu seperti HTTP, Ping, DNS, SMTP, IMAP, POP3, Port TCP / IP, dan sebagainya. Aplikasi ini juga berukuran kecil. Namun kita harus mendaftarkan servis kita terlebih dahulu di website resmi Pingdom untuk dapat memanfaatkan aplikasi Pingdom.

Monitor.us Mobile Android

Monitor.us Android

Monitor.us Android

Aplikasi merupakan fasilitas tambahan dari penyedia servis uptime website monitor.us. Kita harus registrasi terlebih dahulu di website tersebut, dan memilih paket yang akan kita gunakan. Fungsinya hampir sama seperti 2 penyedia di atas, yaitu untuk pengecekan uptime server.

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.