Proposal Skripsi Tugas Akhir Mahasiswa Teknik. What??

Bagi mahasiswa teknik atau bidang-bidang selain teknik, bukanlah perkara yang mudah untuk menyelesaikan skripsi tugas akhir. Memang secara umum, yang namanya tugas akhir di semua bidang jurusan tidak akan ada mudahnya. Secanggih apapun mahasiswa tersebut dan secerdas apapun pasti pernah mengalami kendala penulisan dan penyelesaian tugas akhir ini.

tugas akhir skripsi

Ini tugas akhir !

Di bidang teknik, khususnya teknik yang pernah penulis arungi yaitu teknik informatika. Membuat sebuah proposal pengajuan judul skripsi pun harus dengan analisa yang matang. Analisa disini maksudnya adalah koreksi dan kesiapan sang pembuat judul. Boleh-boleh saja kita membuat skripsi yang judulnya hebat, tapi bagaimana kelanjutannya kemudian?

Nah, sesuai pengalaman yang penulis alami sebelumnya saat menulis dan membuat proposal pengajuan. Izinkanlah penulis dengan keterbatasan pengalaman dan ilmu ini untuk sharing pengalaman membuat proposal pengajuan tugas akhir atau skripsi yang baik dan tepat.

1Judulmu adalah Harimau-mu

Semua orang bisa membuat judul dengan mudah. Tetapi, apa yang harus dilakukan setelah membuat judul itulah yang menjadi kunci lancarnya tugas akhir kita. Mau sesimpel atau sepanjang apapun judulmu, tetaplah pada prioritas bahwa kamu telah menguasai dan menyukai topik yang berkaitan dengan judulmu ini. Jangan-jangan di tengah perjalanan terhenti karena salah judul. Ini yang sering terjadi.

Coba perbaiki judulmu sebelum maju ke dospem (dosen pembimbing). Sesuaikan dengan apa yang sedang kamu geluti dan prakarsai. Memang sesuatu itu pasti ada rintangannya, entah itu di awal jalan, di tengah atau di akhir. Tapi cobalah berikhtiar untuk sebuah judul. Maka, judulmu adalah harimau-mu.

2As Easy As You,

Seperti yang ada di dalam lirik lagunya Fall Out Boy yang berjudul Nobody Put Baby In Corner. Masih berkaitan dengan judul sebenarnya, tapi ini lebih teknis. Coba buatlah sebuah skripsi dengan topik yang tidak terlalu sulit namun bermanfaat. Penulis pernah mendapat ceramah dari seorang dosen, beliau mengemukakan bahwa membuat skripsi sebenarnya boleh dengan sesuatu yang simple namun kegunaannya dapat mencakup banyak pihak.

Tapi tunggu dulu. Mahasiswa teknik tetaplah harus bersifat teknis, jangan men-judge sesuatu yang simpel dengan simplicity things. Meski sederhana, tetapi buatlah skripsi yang memiliki nilai teknis tinggi dan layak. Cobalah, As Easy As You.

3Mana desainnya ?

Ini yang sering penulis hadapi dan temukan pada beberapa teman yang selalu dipersulit dan ditolak judulnya. “Mas, saya kurang begitu paham judulmu !” Itulah jawaban dari dosen pembimbing yang menemukan mahasiswa pembuat judul. Dari sinilah sebenarnya desain kita diuji. Sebisa mungkin coba kita desain dengan maksimal, entah itu dari sisi database (jika mahasiswa komputer/informatika), dari sisi tampilan, maupun dari sisi implementasi.

Jangan sampai judul kita yang bagusnya setengah mati itu akan kalah di depan dosen hanya karena desain yang tidak jelas. Maka, coba desainlah sebisanya. Cari bantuan ke teman-teman desain kalau bisa

4Prototype or Make it true !

Kamu ingin judul yang kamu ajukan lebih WOW di depan dosen? Kuncinya, coba buatlah prototyping desain tugas akhirmu. Atau mungkin jika mampu, bisa saja kamu langsung membuatnya. Misalnya jika judulmu berkaitan dengan rancang bangun aplikasi atau software, buatlah prototype-nya secara jelas dan perlihatkan kepada dosenmu.

Akan lebih bagus lagi, jika ternyata judul yang kamu ajukan itu ternyata proyek pribadimu yang jelas-jelas sudah dipakai banyak orang. Dan kamu pasti sudah memiliki pengalaman dan sering berkecimpung ditopik yang satu ini. Silahkan, buatlah senyata mungkin. Make it true ! Katanya pengen wisuda? 😀

Itulah teman-teman, beberapa petuah pribadi penulis untuk pembaca sekalian yang ingin menjajaki dunia Skripsweet atau tugas akhir. Saya doakan teman-teman yang ingin menjalaninya, tetap konsisten dan diberi kelancaran. Amin.

Keep spirit !

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

11 thoughts on “Proposal Skripsi Tugas Akhir Mahasiswa Teknik. What??

  1. Assalamualaikum….
    saya mahasiswa teknik infomatika UNM, saya menyukai dalam dunia design, judul penelitian yang bagus untuk yang berkaitan dengan design apa yah?? Mohon pencerahannya…

  2. begini mas, saya kuliah di teknik informatika konsentrasi ke RPL, semester ini saya mengambil skripsi, udah 3 kali ngajuin judul tapi hasilnya mengecewakan mas, nah sampai sekarang (udah 2 bulan semester ini berjalan) saya belum dapat judul skripsi yang fix bisa disetujuin dosen, rencana saya mau ‘main2’ di android untuk skripsi, ada gak mas saran dari anda kira2 judul yang bagaimana yang akan saya ajukan lagi untuk skripsi saya??? atau mungkin mas sendiri mau berbagi riset nya untuk saya jadiin skripsi hahaha, mohon pencerahannya

  3. mas, saya mahasiswa tingkat akhir teknik informatika, saya sudah seminar, tinggal sidang yang rencananya 2 minggu lagi. tapi saya ngga pede mas, dan ngerasa topik yang saya ambil terlalu simpel. (fyi saya membuat web profile untuk perusahaan) kira-kira menurut mas, apa yang bisa saya tambahkan pada web profile yang saya buat agar menjadi pembeda dan menarik diantara yang lainnya? mohon pencerahannya 🙁

    1. Oh ya mas/mbak ami saya mau tanya dulu, jika dilihat dari kondisi sekarang, apakah websitenya menurut mas/mbak ami memiliki kekurangan dibanding website yang lain ? coba di-list apa saja kekurangannya ?
      Terima kasih

  4. mas ada ide buat skripsi berbasis adroid ga mas
    masi nyari judul atau ide nih
    bingun mw buat apa mas

    dosennya maunya musti yg baru atau membuat suatu hal yg berbeda boleh hardware kok ada ide mas

    makasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.