Aneka Topik Skripsi Informatika Berbasis Open Source

Ada yang beranggapan bahwa tugas akhir mahasiswa teknik informatika itu meski mudah, tapi mempunyai beban kerja yang sangat berat. Mudah dalam arti mahasiswa tidak perlu lari kesana kemari mencari obyek perusahaan, karena cukup rileks di rumah dan mengerjakan tugas akhir. Tapi beban berat harus dipanggul mana kala sebagian besar tugas akhir informatika memang abstrak, alias tidak tampak namun tampak. Loh ? 😀

skripsi open source informatika

Selain abstrak alias berbasis programming “alien” language, terkadang mencari topik judul yang pas juga tidak semudah menepakkan kaki ke tanah. Bagi teman-teman informatika sejiwa dan seperjuangan, entah itu ilmu komputer, teknik informatika maupun sistem informasi. Jaman sekarang tak perlu repot mencari judul atau topik untuk tugas akhir. Baca juga artikel motivasi ini jika teman-teman sudah menemukan topik yang pas.

Teknologi sudah berkembang pesat, dan teknologi berbasis open source sudah membumi di seluruh belahan dunia. Buktinya Android, Linux dan Browser berbasis Open source sangat diminati pengguna IT. Hmmm.. berbicara mengenai Open source, topik ini merupakan bagian yang tidak bisa terlepaskan dari dunia teknik informatika. Terus, apa yang bisa kita dapatkan dari teknologi ini untuk sebuah skripsi tugas akhir? Apakah ada topik-topik yang dapat kita jadikan sarana membabat masa-masa sarjana?

Oke teman ! Sebagai salah satu korban dari Informatika, saya akan membeberkan sedikit topik judul tugas akhir berkaitan dengan dunia open source. Apa saja? Mari kita lihat! Kencangkan sabuk pengaman, siapkan perbekalan, karena kita menjelajah belantara open source.

1Android atau Mobile Platform.

Android adalah sistem open source yang sangat powerfull. Dunia sudah menamainya sebagai bagian dari platform populer. Topik judul skripsi berbasis Android saat ini adalah pilihan Hot yang bisa kita paksakan untuk dijajal. Kenapa dipaksakan? Pertama, karena populer dan market share sangat menjanjikan. Kedua, Ilmu tentang dunia Android bisa kita cari mulai dari sumber buku, internet, forum online, pakar Android ataupun datang langsung ke Kantor Google. 😀 Tidak hanya Android.

Masih ada platform mobile lain yang bisa kita icip-icip untuk dijadikan topik tugas akhir. Ada iOS, Blackberry, Windows Phone, Nokia S40, Bada, Firefox OS, dan lain-lain. Siap memilih platform open source Android sebagai topik tugas skripsinya? Jangan takut! Semua ada jalannya teman!

2Web 3.0 (Semantic Web)

Beberapa kampus yang memiliki program studi teknik informatika saat ini sudah tidak memperbolehkan mahasiswa membuat topik tugas akhir berkenaan dengan web. Alasannya bukan tidak lain adalah karena topik ini sudah menjadi banjir dimana-mana. Sudah “pasaran” bahasa kasarnya. Tapi tak masalah, web bukan berkaitan dengan itu-itu saja teman? Perkembangan dunia website sekarang sudah mencapai level Web 3.0 atau Semantik Web.

Apa itu semantik web? Memang dasarnya sama seperti web-web biasanya, tapi di dalam semantic web telah tertanam teknologi yang tidak ada di web sebelumnya. Lebih canggih, dan lebih berotak. Topik mengenai Web 3.0 yang dapat dipilih biasanya berkaitan dengan analisa dan rumusan algoritma. Karena website berbasis 3.0 dipergunakan untuk obyek yang berbentuk sistem bukan manusia. Maka kita pun harus tahu terlebih dahulu seluk beluk mengenai sistem dan Web 3.0 itu sendiri. Silahkan belajar mengenai Web 3.0, banyak literatur di internet tentang topik ini.

3Firefox OS atau Chromium Web OS

Firefox OS merupakan platform operating system berbasis web yang ditanam dalam sebuah smartphone. Platform ini dikembangkan oleh Mozilla dan mempunyai masa depan cukup bagus di dunia sistem operasi. Berbasis open source dan lebih menjurus ke pemrograman HTML5. Silahkan kunjungi website resminya di mozilla.org Tak ada salahnya kita pelajari terlebih dahulu mengenai sistem operasi anyar ini. Jika sudah mampu dan lumayan memahami seluk beluknya, syukur-syukur lagi dosen juga terbuka mengenai topik Firefox OS. Why not?

Kemudian mengenai Chromium Web OS. Meski masih dikembangkan oleh Google, tapi Chromium OS atau Google Chrome OS bisa dijadikan alternatif bagi mahasiswa “Geek” informatika yang mempunyai kemampuan lebih di bidangnya. Topik apa yang bisa kita dapatkan dari OS ini? Bisa berkaitan dengan analisa, implementasi sistem operasi untuk penggunaan tertentu maupun pengembangan aplikasi berbasis chromium OS. Silahkan belajar di sini chromium.org.

4Web Browser Plugin

Haha.. tidak kebayang kan? Topik pembuatan add-on atau plugin untuk browser sebenarnya bisa kita jadikan skripsi. Siapa pula manusia sekarang yang internetan tapi tidak memanfaatkan browser? Kita bisa belajar banyak di sini, karena ilmu pembuatan add-ons bisa kita dapatkan langsung dari penyedia browser.

Untuk Google Chrome, teman-teman bisa mengunjungi developer.chrome.com, dan untuk Mozilla Firefox silahkan kunjungi addons.mozilla.org. Di sana kita akan belajar dari Sang Ahlinya. Literatur dan langkah-langkahnya (meski berbahasa inggris) menurut saya sudah sangat lengkap. Tinggal implementasi dan pemahaman kita nantinya akan diuji.

5Game HTML5

Topik ini tidak harus melulu mengenai game berbasis flash. Karena tools untuk membuat Game berbasis HTML5 sudah sangat banyak dan perlu kita implementasikan di kampus. Keuntungan yang kita dapatkan cukup banyak, karena kita bisa memakai aplikasi semacam Construct 2 yang jelas-jelas berbasis drag and drop. Tidak perlu takut akan dikemanakan game kita nanti. Saya berani bertaruh, jika perkembangan game HTML5 nantinya akan menyaingi game-game berbasis Flash. Ayo, Tunjukan tajimu bersama HTML5 !

Selain topik-topik yang saya paparkan di atas, masih ada ribuan topik lain untuk skripsi berbasis open source. Disini fungsi saya hanya membantu dan menyemangati teman-teman untuk terus berjuang meraih apa yang menjadi cita-cita kalian ! Stay connected ! 😀

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

3 thoughts on “Aneka Topik Skripsi Informatika Berbasis Open Source

  1. Informatika dan teknik komputer memang membutuhkan banyak analisa dan kerja keras. Makasih infonya bang ?

  2. mau tny nich gan judul sekripsi saya sistem informasi program nasional pemberdayaan masyarakat mulyo mandiri berbasis android desa argomulyo, kecamatan sedayu, kabupaten bantul,daerah istimewa yongyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.