Menghadapi Sidang Skripsi

Skripsi adalah tanggung jawab para mahasiswa yang ingin menyelesaikan studinya, baik untuk jenjang S1 maupun D3. Skripsi berbeda dengan ujian nasional, jika UN (Ujian Nasional) diselenggarakan negara, Skripsi diselenggarakan oleh Kampus masing-masing. Hehehe.

tugas akhir skripsi

Ini tugas akhir !

Ada yang bilang skripsweet, ada yang bilang juga skripsh#t. Tapi apalah kalian sebut itu skripsi, disini saya akan mencoba berbagi pengalaman mengenai tips dan persiapan menghadapi salah satu monster mahasiswa ini. Mari kita mulai.

plusMake your own Skripsi

Skripsi, usahakan buatlah dari hasil kerja keras anda, bukan dari kerja keras orang lain –alias– skripsi tembakan. Skripsi yang kita buat sendiri pastinya akan lebih kita pahami dan hayati, serumit apapun sistem atau rancangan yang anda buat.

Membeli Skripsi” di zaman sekarang memang sudah tidak asing lagi, terkadang mereka yang terpaksa melakukan ini adalah seorang sudah terpaksa dan terhimpit waktu. Bisa dikarenakan faktor dikejar-kejar orang tua atau dikejar jodoh. Hehe

At least, buat skripsi Anda sendiri. Mintalah petuah dari orang lain ataupun dosen pembimbing jika mengalami kesulitan. Sekali lagi, karena skripsi adalah tanggung jawab Anda.

plusList pertanyaan

Coba carilah dan fikirkan kira-kira pertanyaan apa saja yang nanti akan disampaikan oleh dosen penguji & pembimbing. Anda bisa membuat list pertanyaan dan “kemungkinan” jawaban yang bisa anda utarakan kepada dosen penguji.

Namun, sepandai-pandainya tupai melompat pasti akan jatuh juga.

Maksud pepatah diatas adalah sepandai-pandainya mahasiswa, dosen pasti tahu kelemahan anda dan karya skripsi kita. Jadi jangan berfikir bahwa skripsi yang kita sampaikan mutlak sempurna.

plusStay Cool, Tenang, DOnt Panic

Tips terakhir yang bisa saya sampaikan adalah Tenang. Pengalaman saya dengan ketenangan fikiran dan hati, kita bisa rileks dan enjoy menjawab pertanyaan meskipun dosen penguji membantai dengan pertanyaan-pertanyaan ganas mereka.

Tetaplah tenang, enjoy dan jangan gegabah dalam menjawab pertanyaan. Satu lagi, jangan terlalu bersemangat, karena terlalu bersemangat terkadang akan menjerumuskan kita kepada emosi yang tinggi ketika dosen menyodorkan argumen yang terlalu kuat untuk kita.

Skripsi bukanlah monster yang menakutkan. Tiap mahasiswa, tiap jurusan, maupun bidang studi pasti punya keunikan dan tata cara sendiri untuk menghadapi skripsi dan ujiannya. Seperti contoh mahasiswa bidang IT dengan Kedokteran atau bahkan Ekonomi, mereka punya cara sendiri untuk menyelasaikan studi masing-masing menuju kesuksesan.

Semoga sukses ! Caooo

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

3 thoughts on “Menghadapi Sidang Skripsi

  1. Seru banget baca isi curhatannya.. 😀
    Habis Sidang kan pasti wisuda ya Kak.. Pesan Boneka Wisuda di kami ya Kak.
    Koleksinya Lengkap, Murah, dan Pasti Berkualitas.
    cek di http://www.JualBonekaWisuda.net / WA,SMS 081380580479, pin BB 2132056D.
    Makasi.. Salam Sukses..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.