Bagaimana Prospek Informatika ?

Informatika bukanlah ilmu khusus yang mempelajari satu atau dua hal saja. Akan tetapi informatika merupakan bidang yang masih umum, didalamnya terdapat cabang yang sangat luas sekali seperti halnya bidang kedokteran. Itulah yang dikatakan salah seorang teman saya, kira-kira 3 tahun yang lalu.

Prospek Informatika

Prospek Informatika

Setelah saya sadari memang benar demikian. Ilmu ini merupakan kombinasi dari banyak bidang. Semua bagian kehidupan manusia “modern” saat ini bahkan semuanya tersokong oleh informatika. Internet, televisi, bisnis online, transaksi online, ATM, GPS, dan tentunya Anda berfikir masih ada banyak lagi diluar sana.

Informatika bukan hanya Pemrograman

Ada teman lain yang bertanya, apakah prospek informatika hanya di bidang pemrograman? Saya jawab dengan setengah benar, setengah tidak. Karena saya sendiri hanya salah satu pelaku saja, bukan secara kesuluruhan. Jadi saya tidak akan menjawab secara obyektif, bahwa bidang informatika bukan hanya sebatas ilmu pemrograman.

Namun jika kita menjawab secara obyektif, maka memang benar adanya bahwa semua sokongan informatika berasal dari teknik pemrograman. Disaat kita sekolah atau kuliah di bidang ini, kita pasti diajarkan dasar pemrograman, kita diasah beberapa kemampuan untuk menyelesaikan permasalahn dan pemecahan kode. Tapi itu hanya sebatas teori. Praktiknya lebih mengerikan.

Bisnis di bidang Informatika

Yuk, mari berbicara prospek informatika ! sebelumnya kita coret terlebih dahulu bidang pemrograman. Kita akan melewati beberapa bidang informatika non pemrograman. Akan saya namakan dengan manajemen informatika. Dalam artian berbisnis di bidang informatika, yang tentunya tidak membutuhkan skill pemrograman, tetapi Analisa.

Bisnis Informatika

Bisnis Informatika (source: ditaadit.blogspot.com)

Meski saya juga bukan pelaku bisnis, izinkan saya juga mencoba berbicara mengenai bisnis informatika.

Bisnis ini membutuhkan analisa yang kuat, seperti halnya bisnis-bisnis lain. Prospek bisnis informatika biasanya dilakukan oleh orang-orang yang terkadang bukan berasal dari informatika. Karena tidak dipungkiri lagi, permainan investor dan manajemen mutlak ada didalam sini. Jika dari luar informatika bisa, tapi kenapa kita tidak bisa?

Memang berbeda jalur, tapi analisa dan manajemen bisnis maupun yang berkaitan dengan industri perlu kita pelajari. Tidak sulit, hanya butuh ketekunan untuk mempelajari dan mengaplikasikannya. Maka dari itu, pada akhirnya informatika akan menjadi bidang yang menggiurkan bagi banyak pihak. Selamat bergabung ! 🙂

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

3 thoughts on “Bagaimana Prospek Informatika ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.