Construct 2 Menambah Dukungan Untuk Blackberry 10 dan Tizen

Scirra

Scirra

Belum lama ini, Scirra dalam website resmi mereka mengumumkan bahwa versi terbaru dari Construct 2 Game Engine telah mendukung pengembangan aplikasi untuk platform Blackberry 10 dan Tizen. Pengumuman ini disampaikan (Selasa, 14 Mei 2013) setelah Scirra mengumumkan update versi Construct 2 r130 Beta Release.

Construct 2 versi saat ini dapat diunduh melalui situs resmi mereka. Meski masih dalam versi Beta, Scirra menerangkan secepat mungkin akan melakukan optimisasi aplikasi tersebut ke versi yang stabil. Construct 2 r130 ini bahkan dapat dipakai oleh pengguna dengan lisensi Personal (free) License dan juga Business License. Pada penggunaan lisensi free personal, Scirra juga tidak memungut biaya tambahan untuk melakukan eksport ke Blackberry 10 maupun Tizen.

BlackberryMenurut penuturan Ashley, browser yang terdapat pada Blackberry 10 memiliki kecepatan dan fitur yang lengkap. Bahkan dalam tes yang dilakukan oleh pihak internal Scirra melalui ScirraMark, browser pada Blackberry 10 mampu mencapai ranking nilai hingga 91%. Ashley yang merupakan developer resmi Construct 2 juga menyebutkan bahwa Blackberry 10 bahkan dapat mencapai nilai 100% pada ScirraMark. Karena untuk saat ini salah satu fitur yang masih terkendala saat tes adalah hilangnya fitur Web Audio API pada platform tersebut.

TizenSedangkan untuk Tizen, yang merupakan platform sistem operasi mobile baru yang masih dikembangkan oleh pabrikan Intel dan Samsung ini memang dari sisi perangkat belum tersedia di pasaran. Perangkat mobile Tizen, nantinya akan dirilis oleh Samsung secepatnya saat menjelang akhir tahun 2013 ini. Meski begitu, Scirra Construct 2 tetap dapat dipergunakan oleh para developer  untuk membangun aplikasi berbasis Tizen menggunakan framework HTML5.

Masih menurut Ashley, Browser pada Tizen sendiri setelah dilakukan tes pada ScirraMark juga mencetak skor hingga 91%, sepadan dengan browser Blackberry 10. Dalam pengujian tersebut, kinerja WebGL pada perangkat Tizen ternyata menunjukkan kinerja yang cukup menakjubkan untuk pemakaian pada efek shader. Hal ini tentunya sangat menjanjikan bagi para penggemar Tizen nantinya.

Sejak dilaunching pada 2011 silam oleh Scirra. Engine Construct 2 saat ini telah mendukung pengembangan aplikasi game ke dalam beberapa platform, diantaranya adalah

  • Android
  • iOS
  • Blackberry
  • Windows 8
  • Windows Mobile
  • Chrome Webstore
  • Facebook
  • Linux OS
  • Mac OS
  • Firefox OS
  • dan Tizen

Untuk dapat menggunakan Construct 2 pada platform di atas, Scirra memberikan harga sebesar $119 atau setara 1 juta rupiah. Harga ini sebenarnya cukup terjangkau untuk para developer HTML5 yang ingin mengembangkan aplikasi game mereka ke berbagai platform mobile maupun desktop OS. Dibandingkan dengan harga Game Engine lain yang mencapai 3 hingga 5 juta rupiah.

Untuk menjajalnya, pengguna bisa berkunjung ke Scirra.com dan mencoba terlebih dahulu Construct 2 Personal edition dengan lisensi gratis dan sudah mencakup dukungan beberapa platform mobile maupun OS.

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

6 thoughts on “Construct 2 Menambah Dukungan Untuk Blackberry 10 dan Tizen

    1. iya, benar sekali mas ficar.
      rata2 atau default dari sebuah game berasal dari logika matematika. jadi jangan kaget, misalkan rumus di even sheet juga penuh dengan hal yang matematis. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.