Semakin Modern, Sederhana Namun Rumit

Setelah membaca beberapa artikel yang berkaitan dengan development template atau theme untuk berbagai CMS (Content Management System). Saya menyadari bahwa kemajuan teknologi front-end sudah sangat luar biasa. Ambil contoh saat ini sangat laris template yang berkategori Flat Design. Apa itu Flat Design ? Kurang lebih template website yang memiliki sisi minimalis warna namun tetap mempertahankan sisi modernitas.

sederhana dan rumit

sederhana dan rumit

Flat Design sangat cocok dikaitkan dengan era sekarang ini, yang pasti lebih menonjolkan kelembutan dan kesederhanaan ketimbang kerumitan. Di sisi lain, development sebuah template saat ini pun mengalami kemajuan. Kita ambil contoh, WordPress memiliki fitur yang sangat kaya untuk customisasi bagian-bagian template.

As Simple As Posible

Para pembuat template berlomba-lomba untuk menambahkan banyak sekali bundle fitur yang sangat menarik dan tentunya juga membantu pemakai template. Tapi menurut penjelasan seorang Takashi Irie, yang juga seorang web designer WordPress, Template dengan nuansa Magazine sekarang cenderung memiliki kerumitan disisi opsi pengaturannya.

Karena tidak semua pemakai template adalah developer dan sering kali pemakai adalah user biasa yang tidak begitu memperhatikan opsional tambahan sebuah template, Kata mr. Takashi. Bukan hanya itu, pemakai juga sering kerepotan memakai sebuah template yang memiliki banyak opsi rumit untuk dijadikan layaknya template seperti pada demo site.

Oleh karena itu, tantangan untuk para developer template saat ini adalah selain tetap menjunjung tinggi nilai-nilai modernitas, tapi tetap harus merangkum sebuah kesederhanaan untuk peng-kustom-annya. As Simple As Possible !

 
Muhammad K Huda

Muhammad K Huda

A non exhausted blogger person within fullstack engineer (spicy food), open source religion, self-taught driver and maybe you know or don't like it. Simply says, Hello from Me!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chaptcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.